Peningkatan Kemampuan Membaca dan Hasil Belajar melalui Penggunaan Kartu Huruf pada Siswa Kelas 1B SDN Buraen 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

  • Yosina Abanat(1*)
    SDN Buraen 1
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kartu huruf, Hasil belajar, Kemampuan membaca

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca disebabkan oleh beberapa faktor, baik dari siswa maupun guru. Dalam pengalaman di lapangan, siswa tampak belum menunjukkan antusiasme dalam pembelajaran. Siswa tidak terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan jarang mencoba untuk mengenal huruf atau kata secara mandiri. Sementara guru sering melakukan pembelajaran dengan model klasikal dan kurang menggunakan media atau alat peraga yang sesuai untuk menyelesaikan masalah siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca dan hasil belajar siswa kelas 1B SDN Buraen 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan menggunakan media kartu huruf. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang meliputi tahap perancangan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang disiapkan meliputi soal tes, serta lembar observasi guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Subyek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas 1B SDN Buraen 1 dan guru. Hasil pretes menunjukan bahwa tes awal memiliki rata-rata 59,87 dan ketuntasan kelas 40%. Dengan menggunakan media kartu huruf diperoleh hasil siklus kedua menunjukkan bahwa presentase ketuntasan mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca danĀ  hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Astuti, A.W., Drupadi. R., Syafrudin, U. (2021). Hubungan penggunaan media kartu huruf degan
kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73-81
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Febriyanto, B., Yanto, A (2019) Penggunaan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108-116
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Paramita A.A., Kritstiantari, R., Meter, I.G (2013) Penerapan media kartu huruf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 1 Bunutin Bangli. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia.
Purwanto, Ngalim. (2004). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sulipan, S. (2008). Penelitian tindakan kelas. Diakses pada tanggal 12 September 2021 pada link http://www.profesiguru.com/pdf/penelitian%20tindakan%20kelas-siln%20dan%20kti.pdf
Syah, M. (2004). Psikologi pendidikan: dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yeti, M, (2009). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

PlumX Metrics

Published
2021-12-14