Peningkatan Kemampuan Pemahaman Soal Cerita dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction pada Siswa Kelas VA SDN Buraen 1

  • Ariyanti Seran SDN Buraen 1
Keywords: Direct instruction, Hasil belajar, Soal Cerita Matematika

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemahaman soal cerita dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode direct instruction pada pembelajaran matematika. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan semua siswa kelas VA SDN Buraen 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Siklus penelitian terdiri dari tahap perancangan, tindakan, obsevasi dan refleksi. Hasil pretes menunjukan bahwa test awal memiliki rata-rata 61,25 dan ketuntasan kelas 60%. Dengan penerapan model pembelajaran direct instruction diperoleh hasil Siklus kedua menunjukan bahwa: 1) Persentase ketuntasan mencapai 100% dengan rata-rata nilai 83,00 2) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik 3) Aktifitas siswa selama pembelajaran berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita danĀ  hasil belajar siswa

References

Adi, I. R. (2011). Fiksi populer: teori & metode kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Kasma, R., & Sahat S. (2003). Kemampuan siswa SLTP Medan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Kependidikan, 33(1), 85-96.
Purwanto, N. (2004). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. (2015). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Kencana.
Sudjana, N. (2005). Metode dan teknik pembelajaran partisipatif. Bandung. Falah Production.
Syah, M. (2004). Psikologi pendidikan: dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2021-12-14