Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi melalui Media Gambar

  • Dorince Yoka Liunima SD Inpres Bokong 1
Keywords: Model STAD, menulis, teks eksplanasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, tes, observasi dan dokumentasi dimana instrument yang digunakan yaitu pedoman wawancara, tugas menulis teks ekplanasi, angket observasi guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model kooperatif STAD dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi. Hal ini dapat dilihat dari persentase siswa yang terampil dari setiap siklus yaitu siklus I sebesar 57.89% menjadi 89.47% pada siklus II. Selain itu adanya peningkatan aktivitas siswa yang dapat dilihat dari persentase 52.94% dengan kriteria cukup pada siklus I menjadi 97.64% dengan kriteria baik pada siklus II. Begitu halnya dengan aktivitas guru yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 76.92% dengan kriteria baik menjadi 88.46% dengan kriteria baik pada siklus II

References

Azhariansah. (2021). Penerapan model pembelejaran kooperatif STAD berbantuan video animasi untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa Madrasah Aliyah. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik. 2 (4), 505 – 511.
Jihad dan Haris. (2012). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Jiwandani, W.I. (2017). Peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks melalui teks berita menggunakan metode STAD pada siswa kelas XI SMA Negeri I Petanahan Tahun Pelajaran 2016/ 2017.Skripsi: Universitas Muhamadiyah Purworejo.
Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kosntekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Meidianasari, H. (2021). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan metode kooperatif tipe STAD pada siswa sekolah dasar kelas V. Jurnal Educatio. 7 (3), 1061 – 1067.
Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Saleh. (2016). Peningkatan menulis teks eksplanasi melalui model STAD pada siswa SMA. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual. 1(1), 95 – 101.
Suwandi, S. (2011). Penulisan tindakan kelas & penulisan karya ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Published
2021-12-14