Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran IPS Secara Daring (Online) di Kelas Tinggi Sekolah Dasar
Abstract
Situasi pandemi Covid-19 mengubah pembelajaran tatap muka di kelas menjadi pembelajaran daring (online). Media pembelajaran online yang menjamin keutuhan kegiatan pembelajaran serta mengangkat motivasi dan fokus peserta didik adalah aplikasi Wordwall. Masalah penelitian adalah ‘Bagaimana efektivitas penggunaan media wordwall pada kegiatan pembelajaran IPS secara daring di kelas tinggi SD?”, Penelitian bertujuan melihat efektivitas penggunaan media wordwall pada kegiatan pembelajaran IPS secara daring di kelas tinggi SD. Penelitian ini adalah jenis Mixed Method. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif pada angket dan tes, analisis kualitatif pada wawancara. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas tinggi SDK Canosa. Hasil penelitian menunjukan rata-rata kelas hasil belajar IPS peserta didik kelas tinggi adalah sebesar 79.99. Ditinjau dari KKM 70, maka diketahui 55 dari 58 (94.83%) orang peserta didik tuntas, 3 orang (5.20%) tidak tuntas. Angket menunjukkan tingkat capaian responden (peserta didik ) sebesar 91.90% atau sangat efektif, hasil wawancara kepala sekolah dan guru mengindikasikan peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan antusias mengerjakan kuis-kuis, menggabungkan kata, menemukan kata, dan melakukan games
Downloads
References
Creswell, J. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desyana, L. V. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Kahoot pada Kegiatan Penutup Pembelajaran Matematika Materi Aturan Sinus dan Cosinus di Kelas X MIPA 4 SMA Stella Duce 1 Yogyakarta, Skripsi, Universitas Sanata Dharma.
Dewi, S. K, (2011). Efektivitas e-learning sebagai media pembelajaran mata pelajaran TIK kelas XI di SMA Negeri 1 Depok, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya SLudy From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19." Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Nurhidayat, P. S. (2007). Fun Game. Jakarta: Penebar Plus
Pigg, K. E., & Bradshaw, T. K., (2003). Catalytic community development: A theory of practice for changing rural society. In D. L. Brown & L. E. Swanson (Eds.), Challenges for rural America in the twenty-first century (pp. 385-396). University Park, PA: Pennsylvania State University Press.
Putri, F. M, (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi wordwall dalam pembelajaran daring (online) matematika pada materi bilangan cacah kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan, Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ramadhani, M. (2012). Efektivitas penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis web pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri I Kalasan, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Stephan, W. G. (1985). Intergroup relations. In G. Lindzey& E. Aronson (Eds.), The handbook of social psychology (3rd ed., Vol. 2, pp. 599-658). New York: Random House.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (1995). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Waryanto, N. H. (2006). Online earning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 10-23