Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Oesusu Pada Materi Kubus dan Balok Menggunakan Alat Peraga Kubus Satuan Berbantuan Media Animasi

  • Dorce Banu(1*)
    SDN Oesusu
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Hasil belajar, kubus satuan, animasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Oesusu, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang melalui pembelajaran menggunakan alat peraga kubus satuan berbantuan media animasi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Oesusu sebanyak 18 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan pembelajaran menggunakan lintasan belajar Real world situation, Model of (Skema), Model for (Building Stone), dan Formal Abstrak yakni siswa bekerja dengan prosedur dan simbol matematika. Hasil penelitian menunjukan 1) siswa antusias dengan lintasan belajar yang mendukung mereka belajar dengan struktur yang terutur, 2) siswa sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan melakukan berbagai percobaan untuk menemukan rumus volume dan menyelesaikan soal terkait volume kubus dan balok dengan level aktivitas siswa pada kategori terampil, serta 3) Terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yang menunjukan retensi informasi siswa semakin baik, 4) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiningsih. (2005). Model Discovery Learning. Jakarta: Pustaka Mandiri
Kemendikbud. (2014). Permedikbud No 58 tahun 2014 tentang kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud
Khoirunnisa, S., Sulhan, S., Kalsum, U., Timbu, D. L., Ngongo, O. B., & Ambarawati, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(2), 21-32.
Mahmud, R. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume kubus. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 2(1), 17-22.
Maulin, B. A., & Chotimah, S. (2021). Analisis kesulitasn siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 949-956.

PlumX Metrics

Published
2022-05-15