Pengaruh Jalur Seleksi Masuk Universitas Terhadap IPK Tahun Pertama Mahasiswa Angkatan Tahun 2020 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Nusa Cendana
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh yang signifikan jalur seleksi masuk universitas terhadap IPK tahun pertama mahasiswa angkatan 2020 Pendidikan Matematika Undana. Subjek penelitian terdiri dari seluruh mahasiswa angkatan 2020 pendidikan matematika Undana berjumlah 85 orang. Tahap penelitian dimulai dengan mengumpulkan data dari bagian akademik prodi Pendidikan Matematika Undana, selanjutnya data dianalisis dengan regresi linear sederhana dan uji hipotesis menggunakan program IBM SPSS Statistics for windows version 22.0. Hasil penelitian menunjukan hipotesis nol ditolak, dan hopitesis alternatif diterima, atau dengan kata lain jalur masuk universitas berpengaruh signifikan terhadap IPK tahun pertama mahasiswa angkatan 2020 Pendidikan Matematika Undana. Nilai F yang diperoleh sebesar 10,577 dengan sig. = 0,000 < 0,05. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa jalur masuk SBMPTN memiliki rata-rata IPK tahun pertama yang lebih tinggi, disusul oleh mahasiswa jalur masuk SNMPTN, dan yang teakhir mahasiswa jalur Mandiri.
Downloads
References
Ekowati, C.K., Garak, S. S., Udil, P. A., Rimo, I. H. E. (2021). Pengaruh Jalur Seleksi Masuk terhadap IPK Tahun Pertama Mahasiswa Pendidikan Matematika Undana. International Journal AJES Academic Journal of Educational Sciences, 5(2), 21-25.
Handayani, A. T., Ludigno U. (2013). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 2(2), 1-10.
Hanifah, S., Febrianti, Y., & Sari, C. P. (2017). Analisis Hubungan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Farmasi di Universitas Islam Indonesia (UII). Prosiding Seminar Nasional Seri 7 Menuju Masyarakat Madani dan Lestari, Yogyakarta: 22 November 2017, 512-530.
Irwan. (2016). Kualitas Input Mahasiswa Baru UIN Alauddin Makassar Tahun 2014. Jurnal Teknosains, 10(1), 31 – 44.
Munawaroh, F. (2015). Pengaruh Jalur Masuk Terhadap Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA pada Mata Kuliah Dasar Listrik Magnet. Jurnal Pena Sains, 2(2), 72-78.
Nurhasanah, Purwati, P., Ahmad, H. (2017). Pengaruh Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Papua (UNIPA). Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo, 3(1), 114-120.
Pambayun, T. (2010). Kecerdasan vs kreativitas serta implikasi dalam kegiatan belajar mengajar. (Online). Tersedia di: http://m.kompasiana.com. Diakses Tanggal 13 Maret 2022.
Pratami, R. R. (2015). Pengaruh Jalur Seleksi Masuk, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Tahun 2014 . Skripsi. Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.
Stewart, S. B. (2015). Grit and Self-Control as Predictors of First-Year Student Success. Disertasi. Public Policy, University of Southern Maine, Portland.
Widhiarso, W. (2010). Prosedur Analisis Regresi dengan Variabel Dummy. (Online). Tersedia di: https://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/widhiarso_2010_-_prosedur_analisis_regresi_dengan_variabel_dummy.pdf. Diakses pada tanggal 10 Maret 2022.
Wulandari, R. (2015). Pengaruh Minat Belajar dan Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi). Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP, Universitas Jambi.