Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Alat Peraga Kartu Pecahan Dengan Media Animasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Oesusu

  • Feronika Paut(1*)
    SDN Oesusu
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Hasil belajar, Kartu pecahan, Animasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Oesusu, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang melalui pembelajaran menggunakan alat peraga kartu pecahan berbantuan media animasi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Oesusu sebanyak 18 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan pembelajaran menggunakan lintasan belajar Real world situation, Model of (Skema), Model for (Building Stone), dan Formal Abstrak yakni siswa bekerja dengan prosedur dan simbol matematika. Hasil penelitian menunjukan penerapan pembelajaran menggunakan alat peraga kartu pecahan berbantuan media animasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Oesusu. Hal ini dapat terlihat pada hasil pelaksanaan siklus I dengan rata-rata hasil belajar 16,66% menjadi 83,33 pada siklus II. Selanjutnya aktivitas belajar siswa dari kriteria baik menjadi kriteria sangat baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiningsih. (2005). Model Discovery Learning. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Miswanto. (2011) Penerapan Model Pembelajaran berbasis Proyek Pada Materi Program Linier Siswa Kelas X SMK N 1 Singosari. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan TAIN Tulungagung
Hudojo, H. (1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang
Mustangin. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi (Implementasi Paradigma Baru pendidikan Nasional). Malang: FKIP Universitas Islam Malang
Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta Kemendikbud
Yuanita, L. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Pecahan Dengan Menggunakan Media Visual Kartu Pecahan Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV di SD N II Sirnoboyo Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: UNS Surakarta

PlumX Metrics

Published
2022-05-18