Peningkatan kemampuan Bercerita Dalam Mata Pelajaran Agama Katolik Melaui Model Pembelajaran Kooperatof Tipe STAD Bagi Siswa kelas V SD Negeri Bokong 2
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa Kelas V SDN Bokong 2 melalui penerapan model pembelajaran kooperetif tipe STAD pada mata pelajaran agama katolik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Lokasi penelitian di SD Negeri Bokong 2. Subjek penelitian adalah siswa beragama katolik kelas V pada tahun pelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain tes hasil belajar, lembar observasi kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai model role playing, dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan simulasi, sehingg mendukung peningkatan aktivitas siswa berada pada katergori terampil, 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan kategori peningkatan menurut data n-gain berada pada kategoti sedang, serta 3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori baik
Downloads
References
Pranyoto, Y. H. (2018). Revitalisasi Pendidikan Agama Katolik Di Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Moralitas Anak Didik. Jurnal Masalah Pastoral, 6(2), 19-19.
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: 4(1), 17-23