Peningkatan Hasil Belajar Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Asli Menggunakan Media Realistik Pada Siswa Kelas II SD Negeri Oesusu
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Oesusu, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang melalui pembelajaran operasi perkalian dan pembagian bilangan asli dengan media realistik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Oesusu sebanyak 13 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan pembelajaran menggunakan lintasan belajar Real world situation, Model of (Skema), Model for (Building Stone), dan Formal Abstrak yakni siswa bekerja dengan prosedur dan simbol matematika. Hasil penelitian menunjukan penerapan pembelajaran materi operasi perkalian dan pembagian bilangan asli menggunakan media realistik mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Oesusu. Hal ini dapat terlihat pada hasil pelaksanaan siklus I dengan rata-rata hasil belajar 67,30% menjadi 80,38 pada siklus 2. Aktivitas guru meningkat dari kategori baik ke sangat baik
Downloads
References
Fahrudin, A.G. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 2615-4072.
Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekola Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Indah, P. (2020). Analisis kesulitan belajar Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Pada Masa Pandemi (Covid-19) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 129-138.
Rahadi, A. (2003). Media Pembeajaran. Jakarta: Depdiknas