Analisis Buku Ajar IPA Terpadu Pada Materi Fisika SMP Berdasarkan Kurikulum
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian dan keterpaduan isi buku pada materi fisika dalam buku ajar IPA Terpadu yang disusun dengan mengacu pada 2013. Analisisnya terfokus pada asepk isi, bahasa dan penyajian terutama pada bagian materi Fisika. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Buku ajar yang dianalisis yaitu buku ajar IPA Terpadu kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan isi terkategori baik (76,56%), kelayakan bahasa terkategori sangat baik (95,8%), sedangkan aspek kelayakan penyajian terkategori cukup baik (70,71%). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa buku ajar IPA terpadu kurikulum 2013 terbitan kemendikbud edisi revisi 2017 merupakan buku ajar yang bersesuaian dan layak dipergunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran disekolah dengan rerata kelayakan sebesar 81,02%
Downloads
References
Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakakarya.
BSNP. (2013). Standar Isi Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: BSNP.
Depdiknas. (2012). Pedoman Pengembangan Buku Pelajaran. Jakarta. Pusat Perbukuan
Fogarty, R. (1991). How to Integrated the Curricula. Palatine, Ilinois; IRI/Skylight Publishing, Inc.
Greene, T., & Petty, N. W. (2007). Measuring educational opportunity as perceived by students: A process indicator. Journal of School Effectiveness and School Improvement an International Journal of Research, Policy and Practice, 18(1), 67-91.
Mulyahati, B. (2014). Analisis buku tematik terpadu kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Mursini. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia. Medan: Unimed Press.
Muslimin. (2011). Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX dengan Pendekatan Tematik. Jurnal Bahasa Sastra & Budaya, 1(2), 87-98
Paembonan, T. (1990). Penerbitan dan Pengembangan Buku Pelajaran di Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Pratiwi, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Wallchart Untuk Pembelajaran Matematika Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Malang: Universitas Muhammadiyah.