Model Learning Cycle Dalam Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya

  • Taty R. Koroh(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Andriyani A. D. Lehan(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Jhony A. Giri(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Learning cycle, IPA, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan belajar siswa sekolah dasar umumnya terdapat pada kegiatan belajar di kelas. Kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan menyebabkan proses belajar menjadi monoton yang kemudian berimbas pada hasil belajar yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model learning cycle dalam pembelajaran IPA konsep materi bagian tumbuhan dan fungsinya terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDI Oenitas. Jenis penelitan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Oenitas yang berjumlah 18 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa penerapan model learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada konsep materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa setiap siklus. Pada siklus I terdapat 8 orang siswa yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 60,27. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah mencapai 18 siswa yang mencapai ketuntasan dengan rata-rata 86,38. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan model learning cycle membantu guru dalam proses belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gazali, A., Hidayat, A., & Yuliati, L. (2015). Efektivitas Model Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 3(1), 10–16. https://doi.org/10.17977/jps.v3i0.4833
Irhamna, I., Rosdianto, H., & Murdani, E. (2017). Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas VIII. Jurnal Fisika FLUX, 14(1), 61. https://doi.org/10.20527/flux.v14i1.3839
Made, W. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. In Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Shoimin, A. (2017). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 / Aris Shoimin ; editor, Rose KR. In AR-RUZZ MEDIA.
Samatowa, H. U. (2011). Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jakarta: Pt. Indeks.
Tembang, Y., Harmawati, D., & Rahajaan, J. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 230. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17643
Wisudawati, A., & Anggaryani, M. (2014). Penerapan Pembelajaran Fisika Berdasarkan Strategi Brain Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Elastisitas Kelas XI SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2), 1–5. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/7386

PlumX Metrics

Published
2022-06-03