Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Logika Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Rangkaian Listrik Pada Siswa Kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Kupang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi logika matematika, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) bagi siswa kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini, mengambil sampel dari siswa kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Kota Kupang dengan jumlah 28 orang siswa. Data tentang aktivitas dan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Semua data dianalisis menggunakan teknik deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I yang berada pada kriteria cukup aktif menjadi kriteria aktif pada siklus II. Sedangkan presentase pada hasil belajar siklus I mencapai 74,07 % yang berada pada kriteria sedang, kemudian meningkat menjadi 88,89 % pada siklus II yang berada pada kriteria tinggi. Dari analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X DPIB 2 SMK Negeri Kota Kupang pada materi Logika
Downloads
References
Miranti, L. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada topik logika pada siswa SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 25-40
Nurimani, N. (2016). Pengaruh Pendekatan Open-Ended dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Pemahaman dan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Efficacy: Eksperimen di SMK Negeri 9 Kota Bekasi. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 7(2), 9-28.
Permendikbud Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
Putra, A. P. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Topik Logika di SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara. Academy of Education Journal, 10(01), 22-33.
Qadriah, M. L. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Logis Matematik Siswa Smk Negeri 1 Sigli melalui Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Maple. Jurnal Sains Riset, 9(2), 9-16.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media