Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Geo 2 SMK Negeri 2 Kupang Pada Materi Barisan dan Deret

  • Agnes M. A. Boleng(1*)
    SMKN 2 Kupang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Koopertif tipe STAD, Hasil belajar, Logika matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret bilangan di kelas X GEO 2 SMKN 2 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui penerapan model discovery learning. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dibagi ke dalam dua siklus. Pada setiap siklus dilakukan kegiatan yang saling berkaitan dan berkesinambungan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X GEO 2 SMKN 2 Kota Kupang yang berjumlah 35 orang. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan mengamati aktivitas siswa dan kegiatan guru dalam pembelajaran sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes. Semua data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I yang berada pada kriteria cukup aktif menjadi aktif pada siklus II. Sedangkan pada hasil belajar pada siklus I 82,86 % yang berada pada kriteria sedang menjadi 85,71 % pada siklus II berada pada kriteria tinggi. Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X GEO 2  SMKN 2 Kota Kupang pada materi barisan dan deret bilangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2015). Learning to teach (10th ed). New York: McGraw-Hill International Edition.
Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nugraha, G., & Supianti, I. I. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 78-87.
Dina, A., Mawarsari, V. D., & Suprapto, R. (2015). Implementasi kurikulum 2013 pada perangkat pembelajaran model discovery learning pendekatan scientific terhadap kemampuan komunikasi matematis materi geometri SMK. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 2(1).

PlumX Metrics

Published
2022-06-16