Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Bokong 2 Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik

  • Paula Bali Kromen(1*)
    SDN Bokong 2
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pembelajaran Matematika Realisitik, Soal cerita pecahan

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Bokong 2 pada materi pecahan adalah kegiatan pembelajaran yang tidak kreatif, cenderung dengan pendekatan matematika formal tanpa menggunakan konteks kehidupan siswa serta guru lebih dominan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita pecahan pada siswa kelas V SDN Bokong 2 dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR). Ppendekatan ini dipilih karena sesuai dengan karakteristiknya yakni memanfaatkan realita dan lingkungan sehingga konsep matematika dapat dihantar dari konteks nyata hingga ke konsep formal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama diperoleh aktivitas siswa dalam kategori cukup, kemampuan guru dalam pembelajaran amat baik dan 45,45% siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua diperoleh aktivitas siswa termasuk kategori amat baik, kemampuan guru dalam pembelajaran amat baik dan 100% siswa mencapai KKM. Hasil ini menunjukan bahwa PMR dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita pecahan pada siswa kelas V SDN Bokong 2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bloom, Madaus & Hasting. (1981). Methods Grading in SummativeEvaluation. New York: McGraw-Hill.
Gravemeijer. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute. (online). http://repository.upi.edu/operator/upload/d_mat-0604957_chapter2.pdf. Diakses Tanggal 2 Juli 2020.
Hake, R.R. (1998). Interactive engagement v.s traditional methods: six- thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1)
Lisnawati, Alim, Syahrilfuddin. (2016). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II D SD Negeri 132 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa, 3(1), 1-11
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasi, 2(2), 183-193.

PlumX Metrics

Published
2022-06-29