Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI B SDN Bokong 2 Pada Materi Rangkaian Listrik Mengggunakan Media Aplikasi Phet
Abstract
Pembelajaran rangkaian listrik di kelas VI B SDN Bokong 2 selama ini tidak menggunakan media, sehingga pemahaman siswa mengenai rangkaian listrik tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas pembelajaran siswa yang rendah dan persentasi siswa yang mencapai KKM umumnya selalu di bawah 50%. Melihat situasi tersebut, maka peneliti mencoba menggunakan media aplikasi PhET dalam pembelajaran rangkaian listik untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama diperoleh aktivitas siswa pada aspek mengamati adalah sangat terampil, pada aspek menggambar adalah terampil, pada aspek merangkai adalah terampil, kemampuan guru dalam pembelajaran termasuk dalam kategori amat baik namun hanya 21% siswa yang mencapai KKM. Pada siklus kedua diperoleh aktivitas siswa pada aspek mengamati adalah sangat terampil, pada aspek menggambar adalah sangat terampil, pada aspek merangkai adalah sangat terampil, kemampuan guru dalam pembelajaran termasuk dalam kategori amat baik dan 100% siswa mencapai KKM.. Hasil ini menunjukan bahwa penggunaan media aplikasi PhET dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VI SDN Bokong 2 pada materi rangkaian listrik
Downloads
References
Rizaldi, Dedi Riyan., Jufri, A. Wahab., & Jamal. (2020). PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10-14.
Sylviany, Sisilia., Permana, Fahmi Candra., & Utomo, Rio Guntur. (2020). PHET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 1-10.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.