WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN KOMUNIKASI PELAYANAN GEREJA

  • Don E. D. G. Pollo Universitas Nusa Cendana
  • Meiton Boru Universitas Nusa Cendana
  • Rosmiyati A. Bella Universitas Nusa Cendana
  • Dominggus G. H. Adoe Universitas Nusa Cendana
  • Samy Y Doo Universitas Nusa Cendana
Keywords: pelatihan website, database online, tabloid pelayanan online.

Abstract

ABSTRAK - Digitalisasi adalah sasaran pergerakan dan perubahan zaman. Kondisi ini makin terasa pada era generasi milenial saat ini. Salah satu dampaknya adalah tren penggunaan teknologi informasi dan komunikasi seperti internet dan media sosial makin menjadi kebutuhan utama. Fenomena ini melanda hampir semua institusi masyarakat termasuk gereja. Hal serupa terjadi juga di jemaat Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Koinonia Kupang yang persentase jemaatnya didominasi generasi milenial. Dampaknya adalah diperlukan model-model pelayanan yang menjangkau dan menjembatani kebutuhan jemaat yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Solusi yang ditawarkan untuk masalah di atas adalah membuat website Gereja Koinonia sebagai sarana informasi dan komunikasi pelayanan gereja ke jemaat. Jemaat dapat mengakses informasi pelayanan kapan saja dan dimana saja menggunakan perangkat laptop atau smartphone. Selain itu dengan mengetahui informasi pelayanan memungkinkan anggota jemaat melibatkan diri dalam pelayanan gereja.

Website koinonia juga memuat tabloid pelayanan online yang memuat secara rinci informasi kegiatan badan/unit dan lingkungan pelayanan dalam lingkup Jemaat Koinonia Kupang. Jemaat pun dapat memantau data statistik jemaat melalui database jemaat online pada website koinonia.  

 

Published
2021-08-04
How to Cite
Pollo, D., Boru, M., Bella, R., Adoe, D., & Doo, S. (2021). WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN KOMUNIKASI PELAYANAN GEREJA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 15(1), 41-46. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jlppm/article/view/4885

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.