PENGARUH PENGAWASAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN TRANSMISI DAN GARDU INDUK (ULTG) KUPANG

Main Article Content

Ricky Ricard Bari
Ni Putu Nursiani
Merlyn Kurniawati
Ronald P C Fanggidae

Abstract

Pengawasan kerja adalah proses pengamatan kinerja karyawan untuk menilai dan memastikan pelaksanaannya berjalan sesuai standar dan dapat mencapai tujuan organisasi, sedangkan disiplin kerja adalah upaya atau perilaku seseorang dalam mentaati peraturan dan norma-norma perusahaan untuk mencegah terjadinya pelanggaran sehingga dapat meningkatkan prestasi kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengawasan kerja, disiplin kerja, dan kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Kupang, pengaruh signifikan pengawasan kerja terhadap kinerja karyawan, pengaruh signifikan disiplin kerja terhdap kinerja karyawan dan pengaruh pengawasan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Kupang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik sampel jenuh yang dimana semua populasi dijadikan sampel yaitu 40 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, analisis deskriptif, analisis linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial pengawasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan secara simultan pengawasan kerja dan displin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.


Kata Kunci : Pengawasan Kerja, Disiplin Kerja, dan Kinerja Karyawan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bari, R., Nursiani, N., Kurniawati, M., & Fanggidae, R. (2023). PENGARUH PENGAWASAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN TRANSMISI DAN GARDU INDUK (ULTG) KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 17-30. https://doi.org/10.35508/glory.v4i1.10186
Section
Articles

References

Cahyono, S. (2005). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Sumberdaya Manusia Di Sekretariat DPRD Propinsi Jawa Tengah, JRBI, Vol. 1. In Jurnal Riset Bisnis Indonesia (Vol. 1, Issue 1).
Effendi, U. (2014). Asas Manajemen. (Ke-1). PT. Raja Grafindo Persada.
Fahmi dan Irham. 2013 Perilaku Organisasi Teori Aplikasi dan Kasus. Alfabeta, Bandung
Harianto, Asron Saputra. (2020). Pengaruh Pengawasan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Centric Powerindo Di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1).
Hasibuan, Malayu, S. P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT.Remaja Rosdakarya.
Manulang, M. (2012). Dasar-Dasar Manajemen, (Ke-22). Gajah Mada University Press.
Manalu, R. H., Marbun, S. N., & Sinurat, E. J. (2021). Pengaruh Pengawasan, Pelatihan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pabrik Teh PT. Perkebunan Nusantara IV Unit Bah Butong. Jurnal Ilmiah METHONOMI, 7(2), 185-205.
Rivai, V. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia : Dari Teori ke Praktik. PT. Raja Grafindo Persada.
Rompas, G. A. C., Tewal, B., & Dotulong, L. O. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pengawasan, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).
Siagian, S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia (Ke-2). PT. Bumi Aksara.
Suherman, E. (2012). Kiat Sukses Membangun SDM Indonesia. Alfabeta.
Sutrisno, E. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group.
Utama, A. D. F., Surabagiarta, I. K., & Purnaningrum, E. (2021). Pengaruh Pengawasan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sierad Produce, Tbk. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 2(2), 54-58.
Wirawan. (2012). Evaluasi Teori, Model,Standar,Aplikasi dan Profesi (Jakarta). Rajawali Pers.