PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA WAROENK RESTO & CAFÉ KOTA KUPANG)

Main Article Content

Juita L D Bessie
Niken Novita Suki

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa baik secara parsial maupun simultan, pengaruh dari kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap kepuasan pelanggan. Jumlah sampel sebanyak 100 responden, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu  dekriptif kuantitatif, analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, dengan menggunakan aplikasi SPSS V.21.


Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara keseluruhan responden memberikan penilaian persepsi terkategori sedang terhadap variabel Kualitas Pelayanan dan sangat tinggi terhadap Kualitas Produk serta Harga. Dari hasil Analisis Regresi Linear Berganda diperoleh persamaan : Y = 1,377 + 0,041X1 + 0,430X2 + 0,732X3. Hasil uji t menunjukan variabel Kualitas pelayanan berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan Kualitas produk dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan pelanggan. Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga berpengaruh Signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan nilai Adjusted R2 menunjukkan kontribusi variabel Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga  terhadap kepuasan pelanggan yang sebesar 65.3%. Sedangkan 34,7% dpengaruhi oleh variabel lain di luar fokus penelitian ini diantara variabel lokasi yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya. 


Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga dan Kepuasan Pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bessie, J., & Suki, N. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA WAROENK RESTO & CAFÉ KOTA KUPANG). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 31-45. https://doi.org/10.35508/glory.v4i1.10205
Section
Articles

References

Antaranews. (2020, 05 08). Ribuan UMKM di NTT Terdampak Covid-19. Retrieved from www.antaranews.com: https://m.antaranews.com/berita/1477755/ribuan-umkm-di-ntt-terdampak-covid-19
Asti, E. G., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Ekonomi Manajemen Bisnis, 01(01), e-ISSN 2716-0238.
Atmaja, I. A. (2020, 5 8). RIBUAN UMKM di NTT Terdampak Covid-19. Retrieved from WWW.antaranews.com: https://m.antaranews.com/berita/1477755/ribuan-umkm-di-ntt-terdampak-covid-19
Boimau, Hezron & Bessie, Juita L.D. (2021). “PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI ONLINE GRABBIKE (Studi Pada Pengguna Jasa Transportasi Online GrabBike Kota Kupang)”. Journal of Management, Small and Medium Enterprises, Vol 14. No 2, hal 169-187.
Chandra, A. (2005). Analisis Pengaruh Citra Merek, Presepsi Kualitas, dan Harga Terhadap Minat Beli Bandeng Presto. Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro, 13.
Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Di Ponegoro.
………… (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Yokyakarta: Universitas Di Ponegoro.
…………...(2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPPS, Edisi Keempat. Semarang: Universitas Di Ponegoro.
...................(2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: universitas di ponegoro.
Irawan, H. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia.
Keloay et al. (2019). Pengaruh Kualitas Produk,Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Dabu-Dabu Iris Fresh Wenang Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.8(No.2), pp 1-31.
Kotler, Philip & Amstrong. (2004). Manajemen Pemasaran (Edisi Milenium ed.). Jakarta: PT Prenhalindo.
----------------.(2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.
----------------.( 2009). Manajemen Pemasaran . Jakarta: PT. Prenhallindo.
----------------. & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. London: Pearson Education.
Noor, J. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Predanamedia Group
P. N. (2021, Januari Senin,11). Bapenda Kota Kupang Terkagetkan Pendapatan Rp101 Miliar 2021. Retrieved Januari 11, 2021, from www.portalntt: https://www.portalntt.com/wp-content/uploads/2021/01/9357E7B9-0CF1-4C19-A29F-55426A2B7B0C.jpeg
RI, J. B. (2016, 7 25). PERDA KOTA KUPANG NO.2 Tahun 2016 Tentang Pajak Daerah (JDIH BPK RI). Retrieved from peraturan.bpk.go.id: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/21015/perda-kota-kupang-no-2-tahun-2016
Rosanti, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Mbak Daeng Alauddin Makasar. Skripsi,Universitas Muhammadiyah Makasar.
Sambiring, et al. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan, Studi Pada Pelanggan McDonald’s MT. Haryono Malang. Administrasi Bisnis, 15(01), 10.
Shaharudian et al. (2011). Food Quality Attributes amasong Malaysia's Fast Food Customer. Business and Management, Vol.2(No.1), 200-201.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, CV.
………….(2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Alfabeta, CV.
………….(2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Alfabeta, CV.
Tjiptono, F & Sunyoto. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
--------------. (2007). Strategi Pemasaran (Edisi Pertama). Yogyakarta: C.V Andi Offset.
--------------. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi Offset.
Toleu, et al. (2017). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Rumah Makan Suka Ramai Kota Kupang)”. Journal of Management, Small and Medium Enterprises, Vol 5, No.2, pp 139-154.
Windarti, & Ibrahim. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Raja Oci Manado. Jurnal EMBA, Volume 7(No.01), ISSN 2407-1174.