PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PEMASARAN SPIRITUAL TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI PADA NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA CABANG KUPANG)

Main Article Content

Alfianus Hamin
Debryana Y Salean
Merlyn Kurniawati
Christien C Foenay

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia cabang Kupang, (2) menganalisis pengaruh Pemasaran Spiritual terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia cabang Kupang, dan (3) menganalisis pengaruh kualitas layanan dan pengaruh pemasaran spiritual terhadap kepuasan nasabah bank Syariah Indonesia cabang Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank syariah Indonesia cabang Kupang. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah bank syariah Indonesia cabang kupang dan pemasaran spiritual berpengaruh terhadap kepuasan nasabah bank syariah Indonesia cabang Kupang. Sedangkan secara simultan kualitas layanan dan pemasaran spiritual berpengaruh terhadap kepuasan nasabah bank syariah Indonesia cabang Kupang.


Kata Kunci: Kualitas Layanan, Pemasaran Spiritual dan Kepuasan Nasabah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hamin, A., Salean, D., Kurniawati, M., & Foenay, C. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PEMASARAN SPIRITUAL TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI PADA NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA CABANG KUPANG). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 93-106. https://doi.org/10.35508/glory.v4i1.10365
Section
Articles

References

Nisa, K., & Sopingi, I. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Emosional Marketing dan Spiritual Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan. JIES: Journal of Islamic Economics Studies, 1(1), 50-59.
Adi, A. F. R., & YOESTINI, Y. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Lampersari Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Sriwidodo, U., & Indriastuti, R. T. (2010). PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan.
Hamdan, U., Azzulala, B. N., Nasifah, N., & Kamiluddin, K. (2022). Urgensi Spiritual Marketing dan Marketing Syariah dalam Dunia Bisnis. Iqtishadia Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 9(1), 27-37.
Dandung, M. E., Amtiran, P. Y., & Ratu, M. (2020). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Konvensional Dan Perbankan Syariah. Journal Of Management Small and Medium Entreprises (SME’s), 11(1), 65-82.
Undang-Undang No. 21 Tahun 2008, Tentang Perbankan Syariah, Pasal 1 butir 23
Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Buku Seru.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.
Sukma, R. S. A. (2018). Pengaruh Fasilitas, Kualitas Layanan, Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit
Fitri, F. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Bongkar Muat Peti Kemas Pada Terminal Peti Kemas (Tpk) Semarang. Skripsi.
Ikram, A. A., Nyoko, A. E., & Fanggidae, R. P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Menginap (Studi pada Resepsionis Hotel On The Rock Kupang). JOURNAL OF MANAGEMENT Small and Medium Entreprises (SME’s), 9(2), 167-174.
Tjiptono, F., & Sunyoto, D. (2012). Dasar Dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka
Sari, N. (2012). Manajemen Marketing (Pemasaran) Produk Jasa Keuangan Perbankan dalam Perspektif Islam. Media Syari'ah: Wahana Kajian Hukum Islam dan Pranata Sosial, 14(2), 199-212.
Kunaifi, A. K. A. (2015). Implementasi pemasaran syari’ah berbasis human spirit dalam islamic finance (Studi kasus strategi pemasaran di BPRS Bhakti Sumekar Kabupaten Sumenep). MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1).
Kalimah, S., Sy, M., & Nur Fadilah, S. E. (2017). Marketing syariah: Hubungan antara agama dan ekonomi. LPPM IAI Ibrahimy Genteng Press Editor: Rima Trianingsih M. Pd., Erisy SyawiriL Ammah, M. Pd..
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 7(2), 78663.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2.
Mustofa, U. A.,& Siyamto, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Umum Syariah di Surakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(02).
Winduwati, S. (2022). Pemanfaatan Media Baru Event via Live Streaming selama Pandemi Covid-19. Koneksi, 6(2), 312-317.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Rahman, A. F., & Rochmanika, R. (2012). pengaruh pembiayaan jual beli, pembiayaan bagi hasil, dan rasio Non Performing Financing terhadap profitabilitas bank umum syariah di indonesia. Iqtishoduna.