PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PADA CV. DONNA MANDIRI CABANG LASIANA KOTA KUPANG

Main Article Content

Angreni R Djami Hau
Tarsisius Timuneno
Debryana Y Salean
Ni Putu Nursiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelatihan kerja dan produktifitas kerja pada CV. Donna Mandiri Cabang Lasiana Kota Kupang berdasarkan persepsi karyawan dan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada CV. Donna Mandiri Cabang Lasiana Kota Kupang. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik sampel jenuh yakni sebanyak 55 orang Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi.. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t . Hasil Analisis deskriptif menunjukan bahwa variabel pelatihan kerja berada pada kriteria penilaian sangat baik dan variabel produktifitas kerja berada pada kriteria penilaian sangat tinggi. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel pelatihan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada CV. Donna Mandiri Cabang Lasiana Kota Kupang. Namun hasil analisis koefisien determinasi menunjukan bahwa kontribusi pelatihan kerja terhadap produktifitas kerja karyawan relatif lemah.


Kata kunci : Pelatihan kerja dan Produktivitas kerja.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Djami Hau, A., Timuneno, T., Salean, D., & Nursiani, N. (2023). PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PADA CV. DONNA MANDIRI CABANG LASIANA KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 107-118. https://doi.org/10.35508/glory.v4i1.10367
Section
Articles

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rinaka Cipta.
Blecher.1987. Tingkat masukan sumberdaya.Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Gumilar, Gugum. 2018. “Pengaruh Pelatihan Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Raya Sugarindo Inti Tasikmalaya.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 19(1):55– 63. doi: 10.30596/jimb.v19i1.1804.
Hamalik Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Maghfiroh dan Widiyanto. (2020). Pengaruh Upah, Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Pelatihan Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan PT. Raya Sugarindo Inti Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen dan Bisnis, 2(1), 1–12.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
.Rahmawati, D 2021, ‘Hubungan Pendapatan Keluarga Pengetahuan Ibu Dengan Kejadian Stunting’, Indonesian Journal of Midwifery (IJM), vol. 4, no. 1, pp. 27–32.
.Rivai,Veithzal. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari teori Ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Sagala, (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: DariTeori ke Praktik, Edisi Kedua. Cetakan Kelima, Jakarta, PT. Rajagrafindo Persada
Rumahlaiselan, A., Wenas, R. S., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt Sumber Alfaria Trijaya, Tbk Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3783–3792.
Sedarmayanti. 2009, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : Penerbit Mandar Maju.
Simamora, H., 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 2, STIE YKPN, Yokyakarta.
Simanjuntak, Payman, 2016,Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, Jakarta FE UI
Sinungan, Muchdarsah. 2008. Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono.2010. Metode Penelitian Bisnis Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiting, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.
Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sum ber Daya Manusia, Cetakan Kelima. Yogyakarta: Prenada Media
Triton,P.B. 2005, “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Tugu Publisher,Yoyagkarta.
Triton, P.B. 2010. Manajemen sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.
Zahari, M. 2015, Pengaruh Motivasi Terhadap Disiplin Kerja Pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Jurnal EKSIS, Vol. 6, No. 1, Mei 201.