PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA KANTOR POS ATAMBUA

Main Article Content

Maria Efanggelina Fahik
Tarsisius Timuneno
Marianus S Neno
Yonas F Riwu

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan motivasi kerja, komitmen organisasional, dan prestasi kerja karyawan pada Kantor Pos Atambua, untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap prestasi kerja, untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasional terhadap prestasi kerja, untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan komitmen organisasional secara simultan terhadap prestasi kerja karyawan pada Kantor Pos Atambua. Jenis penelitiaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, Uji Signifikansi,Parsial (Uji t), Uji Signifikansi Simultan (Uji F), Uji Koefisien, Determinasi (R²). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis regresi linier berganda adalah pergerakan nilai dari variabel motivasi kerja dan prestasi kerja adalah searah, sehingga semakin tinggi motivasi kerja maka tingkat prestasi kerja karyawan akan meningkat. Sedangkan pergerakan nilai dari variabel komitmen organisasional dan prestasi kerja adalah berlawanan arah, sehingga semakin tinggi komitmen organisasional maka tingkat prestasi kerja karyawan akan semakin menurun. Hasil uji t menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja, komitmen organisasional tidak berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan. Hasil uji F menunjukkan bahwa motivasi kerja dan komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap prestasi kerja. Koefisien determinasi menunjukkan pengaruh motivasi kerja dan komitmen organisasional terhadap prestasi kerja relatif lemah.


Kata Kunci : Motivasi Kerja, Komitmen Organisasional, dan Prestasi Kerja

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fahik, M., Timuneno, T., Neno, M., & Riwu, Y. (2023). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA KANTOR POS ATAMBUA. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 143-152. https://doi.org/10.35508/glory.v4i1.10371
Section
Articles

References

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Malayu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Bumi Aksara.
Martoyo, Susilo. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 5. Cetakan Pertama. Yogyakarta. BPFE
Melvani, Frecila Nanda. 2018. Pengaruh Motivasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Prestasi Kerja (Studi pada Karyawan Pada Hotel Emilia Palembang)
Rahmadi, Randy. 2008. Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi Dan Pengalaman Kerja Terhadap Prestasi Kerja (Studi pada Karyawan Bank)
Ranihusa, Desti. 2007. Pengaruh Motivasi dan Komitmen Organisasi terhadap prestasi Kerja (Studi pada karyawan PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasional IV Semarang)
Robbins, Stephen., & Judge, Timothy A. 2015. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat
Ratriarti. 2016. Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi dan Pengalaman Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Kusuma Hadi Santosa, Karanganyar. Jurnal Manajemen UMS. Hal. 12
Sopiah. 2017. Perilaku Organisasi. Bandung. Andi
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. PT Alfabeta
Sutrisno, Edy. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
Udayana. 2015. Pengaruh Komtmen Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Sekar Nusa Baruna Cabang Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi UPG Vol 5(No.1)