PENGARUH GREEN BRAND IMAGE DAN GREEN AWARENESS TERHADAP MINAT BELI (STUDI PADA KONSUMEN TUPPERWARE DI KOTA KUPANG)

Main Article Content

Gracia Herawati Pah
Christien C Foenay
Merlyn Kurniawati
Ronald P C Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh ataupun seberapa besar pengaruh variabel Green Brand Image dan Green Awareness terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen Tupperware di Kota Kupang). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel pada penelitian ini adalah 100 orang yang merupakan konsumen Tupperware di Kota Kupang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 22.0. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa rata-rata capaian skor pada variabel Green Brand Image, Green Awareness dan Minat Beli berada pada kategori penilaian setuju. Selanjutnya dilihat seberapa besar pengaruh Green Brand Image dan Green Awareness terhadap Minat Beli pada pengujian hipotesis. Dari hasil uji regresi linear berganda didapatkan nilai adjust R Square sebesar 25%, sehingga dapat dijelaskan bahwa 25% variabel Green Brand Image dan Green Awareness memengaruhi Minat Beli. Sedangkan selisihnya 75% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini melalui uji parsial menyimpulkan bahwa Green Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli dan Green Awareness berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli Tupperware di Kota Kupang. Sementara itu, hasil uji secara simultan menunjukan bahwa variabel Green Brand Image dan Green Awareness secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Tupperware di Kota Kupang.


Kata kunci : Green Brand Image, Green Awareness dan Minat Beli

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pah, G., Foenay, C., Kurniawati, M., & Fanggidae, R. (2024). PENGARUH GREEN BRAND IMAGE DAN GREEN AWARENESS TERHADAP MINAT BELI (STUDI PADA KONSUMEN TUPPERWARE DI KOTA KUPANG). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 305-317. https://doi.org/10.35508/glory.v5i2.11518
Section
Articles

References

Agustin, R. D., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 22(2).
Alamsyah, D. P., Aryanto, R., Utama, I., Marita, L., & Othman, N. (2020). The antecedent model of green awareness customer. Management Science Letters,10(11), 2431-2436
Alamsyah, D. P., Suhartini, T., Rahayu, Y., Setyawati, L., & Hariyanto, O. I. B. (2018). Green Advertising, Gren Brand Image And Green Awareness for Environmental Products. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 434(1), 12160.
Apriliani, T., & Aqmala, D. (2021). Pengaruh Green Brand Image, Green Perceived Value, Green Awareness dan Green Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(1), 66-75
Badan Pusat Statistik (2022). Data Sampah Plastik Di Indonesia. Di akses pada 20/08/2022, pukul 13.09 dari https://www.bps.go.id/publication/2021/11/30/2639657be1e8bd2548469f0f/statistik-lingkungan-hidup-indonesia-2021.html.
Chen, Y. S. (2016). The drivers of green brand equity: Green brand image, green satisfaction, and green trust. Journal of Business Ethics, 93(2), 307–319.
Chen, Y. S., & Chang, C. H. (2013). Enhance environmental commitments and green intangible assets toward green competitive advantages: an analysis of structural equation modeling (SEM). Quality & Quantity, 47(1), 529–543.
DLH (2021). Dampak Sampah Plastik Terhadap Lingkungan. Di akses pada 20/08/2022, pukul 17.35 dari
https://dlh.bulelengkab.go.id/infromasi/detail/artikel/85-dampak-plastik-terhadap lingkungan#:~:text=Diperkirakan%20ada%20500%20juta%20sampai,dan%2014%20juta%20pohon%20ditebang.
Durianto, D. (2013). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek (cet. ke-10). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi tesis dan desrtasi ilmu manajemen.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haryoko, U. B., & Ali, H. A. A. (2019). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) Merek ADES (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen SI Reguler C Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang). Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).
Kementerian Kelautan dan Perikanan (2022). Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan. Di akses pada 20/08/2022, pukul 18.09 dari https://kkp.go.id/djpdspkp/bbp2hp/artikel/38249-bbp3kp-sinergi-dengan-ctc-ajak-kelompok-masyarakat-kembangkan-kemasan-dan-sedotan-ramah-lingkungan-atasi-masalah-sampah-plastik.
Kotler, Philip., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2014). Marketing for Hospitality and Tourism. 5 vyd. Upper Saddle River: Prentice Hall.
Kotler, Phillip., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1 & 2, Jakarta: PT. Indeks.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi : CV Al Fath Zumar.
Laksmi, A. D., & Wardana, I. M. (2015). Peran Sikap Dalam Memediasi Pengaruh Kesadaran Lingkungan Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan. Doctoral dissertation, Udayana University.
Lin, C. P., Tsai, Y. H., Chiu, C. K., & Liu, C. P. (2015). Forecasting the purchase intention of IT product: Key roles of trust and environmental consciousness for IT firms. Technological Forecasting and Social Change, 99, 148–155.
Masturoh, L.M. (2017). Pengaruh Green product, Green advertising, Dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Green Bag Di Carrefour Kota Malang. Jurnal ilmiah mahasiswa FEB,2017, 5.1.
Mourad, M., & Ahmed, Y. S. E. (2012). Perception of green brand in an emerging innovative market. European Journal of Innovation Management.
Ningrum, I. A. (2017). Analisis Faktor Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pelaku UMKM Kota Makassar (Studi Kasus Pasar Sentral).
Nuraminah, S., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2022). Analisis Green Awareness dan Green Perceived Value Terhadap Minat Beli Kantong Belanja Ramah Lingkungan (Tote Bag). Management Studies and Enterpreneurship Journal (MSEJ), 3(3), 1592-1600.
Osiyo, A. K. M. (2018). Pengaruh green marketing terhadap green brand image dan purchase intention pelanggan pada starbucks coffee malang. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2), 1-9
Polonsky, M. J. (2011). Transformative green marketing, Impediments and Opportunities. Journal of Business Research,64(12), 1311-1319
Rahmi, D. Y., Rozalia, Y., Chan, D. N., Anira, Q., Lita, R. P. (2017). Green Brand Image relation model, green awareness, green advertisement, and ecological knowledge as competitive advantage in improving green purchase intention and green purchase behavior on creative industry products. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 20(2), 177-186.
Simamora, H. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : STIE YKPN.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Perilaku Konsumen. Alih Bahasa Oleh Zoelkifli Kasip. Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Sudarsono. (2020). Buku Ajar : Manajemen Pemasaran. Jawa Timur : CV Pustaka Abadi.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suki, N. M. (2013). Green Awareness Effects On Consumers Purchasing Decision: Some Insight From Malaysia. International Journal of Asia-Pacific Studies, 9(2).
Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep. Strategi dan Kasus). Cetakan ke-3. Jakarta : PT. Buku Seru
Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran (edisi 2). Bandung: Remaja Rosdakarya
Tampubolon, N. K. T. (2021). Analisis Hubungan Green Product Knowledge, Green Awareness dan Gren Lifestyle dengan Minat Beli Produk Ramah Lingkungan (Kasus : Mahasiswa Universitas Sumatera Utara) (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta. Andi
Tupperware (2022). Informasi Umum Mengenai Tupperware. Di akses pada 20/08/2022, pukul 18.25 dari
https://www.tupperware.co.id/index. Di akses Pada 20 Agustus 2022.
Wu, S. I., & Chen, Y. J. (2014). The Impact of Green Marketingnand Perceived Innovation on Purchase Intention for Green Products. International Journal of Marketing Studies, 6(5).