PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TEH KOTAK DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Lady Verlinda Hezron
Ronald P C Fanggidae
Yosefina K I D D Dhae
Paulina Y Amtiran

Abstract

Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel independent dan variabel dependen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Green Product dan Green Advertising terhadap keputusan pembelian konsumen teh kotak di Kota Kupang. Penelitian ini termasuk penelitian survey dengan jenis pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner dengan Teknik Purposive Sampling. Pada penelitian ini memiliki 100 orang responden dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda.  Berdasarkan hasil uji regresi dan uji parsial (t) menunjukan bahwa variabel Green Product berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen teh kotak di Kota Kupang dan variabel Green Advertising tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen teh kotak di Kota Kupang. Berdasarkan hasil uji simultan (f) menunjukan bahwa variabel Green Product dan Green Advertising berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen teh kotak di Kota Kupang.


Kata Kunci : Green Product, Green Advertising dan Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hezron, L., Fanggidae, R., Dhae, Y., & Amtiran, P. (2023). PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TEH KOTAK DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 261-273. https://doi.org/10.35508/glory.v4i2.10391
Section
Articles

References

Handayani, N T. (2012). “Pengaruh Atribut Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Green Product Sepeda Motor Honda Injection”. Management Analysis Journal ( Volume 1 Nomor 2). Hlm. 1-2.
Kasali. (2005), “Sembilan Fenomena Bisnis”, Manajemen Study Society MSS, FEUI Official Site.
Kotler, Keller, 2009. Marketing Management Conceptualizing, Measuring, and Managing Customer-Based Brand Equity. In Source: Journal of Marketing (Vol. 57, Issue 1).
Nugrahadi. (2002). Perilaku konsumen hijau: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian bisnis pemasaran hijau. Jakarta: Prenada Media.
Ottman, J. A., Stafford, E. R., & Hartman, C. L. (2006). Avoiding green marketing myopia: Ways to improve consumer appeal for environmentally preferable products. Environment, 48(5), 22–36. https://doi.org/10.3200/ENVT.48.5.22-36.
Palwa, A. (2014). Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi Minat Beli (Studi Pada Pelanggan The Body Shop Di Plaza Ambarukmo Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Peter, Paul & Olson, Jerry., 2010. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi keempat, Erlangga.
Rakhmawati, N. (2019). PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN ADVERTISING, DAN GREEN BRAND DENGAN PERSEPSI HARGA SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Empiris Konsumen Pengguna The Body Shop Di Kota Magelang).
Sangadji, dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis
Santoso, Imam & Fitriyani, Rengganis. 2016. Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, Dan Minat Beli Konsumen. Jur. Ilm. Kel. & Kons Vol. 9, No.2. ISSN : 1907 – 6037 e-ISSN : 2502 – 3594.
Schiffman & Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua, Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitiаn Bisnis (Pendekаtаn Kuаntitаtif, Kuаlitаtif, dаn R&D). Bаndung: CV. Аlfаbetа.
Tiwari, Sandeep, Tripathi, Srivastava, and, Yadav. 2011. Green Marketing-Emerging Dimensions. Journal Of Business Excellence. 4: 9-11.