FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI MEREK KAPAL API DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Celia Calritha Lorensa Damaledo
Apriana H J Fanggidae
Debryana Y Salean
Markus Bunga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian kopi merek kapal api di kota kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuntitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota kupang yang mengomsumsi kopi kapal api, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden yang diambil dengan menggunakan rumus lemeshow. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji T, uji F, dan koefisien determinasi dengan olahan data aplikasi SPSS IBM 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pribadi dan psikologis secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel sosial dan budaya secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadapkeputusan pembelian. Hasil pengujian secara simultan dalam penelitian ini bahwa variabel perilaku konsumen (budaya, social, pribadi dan psikologis) berpengaruh terhadap keputusan pembelian.


Kata Kunci :  Perilaku Konsumen (Budaya, Social, Pribadi Dan Psikologis) Dan Keputusan Pembelian 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Damaledo, C., Fanggidae, A., Salean, D., & Bunga, M. (2023). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI MEREK KAPAL API DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(4), 845-855. https://doi.org/10.35508/glory.v4i4.11565
Section
Articles

References

Akdon, R. D. (2010). Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistik. Bandung: Alfabeta.
Anoraga, Pandji, 2010, Manajemen Bisnis, Edisi Kedua, Rineka Cipta, Jakarta.
Assauri, Sofjan. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi 4. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1994). Perilaku Konsumen (Terjemahan). Binapura Aksara, Jakarta.
Ghozali (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program 21 update PLS Regresi. Badan Penerbit UNDIP Semarang.
Handoko, T. H., & Swasta, B. (2008). Perilaku Konsumen. Yogyakarta BPFE.
Jariah, A. (2012). Analisis Faktor-Faktor Pribadi Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Lumajang. Jurnal WIGA, 2(2), 55.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 12, Issue 01). edisi.
Kotler, P., Bowen, J., Makens, J., & Baloglu, S. (2003). Marketing for Hospitality and Tourism Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.
Prasetijo, R., & Ihalauw, J. O. . J. (2005). Perilaku Konsemen. Ph. D. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Penerbit ANDI.
Santoso, D. T. T., & Purwanti, E. (2013). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam Memilih Produk Operatur Seluler Indosat-M3 di Kecamatan Pringpus Kab. Semarang. Jurnal Ilmiah Among Makorti, 1–18.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku konsumen, edisi ke 7. Jakarta: PT. Indeks.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implementasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Siregar, S. (2013). Parametric Statistics for Quantitative Research (Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif). Jakarta: Bumi Aksara, 102.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta
Sumarwan, U., Simanjuntak, M., & Yurita, Y. (2012). Persepsi Dan Preferensi Iklan Mempengaruhi Niat Beli Anak Pada Produk Makanan Ringan. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 5(2), 186–192.
Suryani, T. (2008). Perilaku konsumen: implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 118.
Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Tera
Tjiptono, Fandy. (2006). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.