PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN BEKAS DI KOTA KUPANG (STUDI PADA MAHASISWA/I UNIVERSITAS NUSA CENDANA)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian produk pakaian bekas di kota Kupang dalam hal ini mahasiswa/i Universitas Nusa Cendana yang menggunakan produk tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa/i Universitas Nusa Cendana. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Accidental Samplin,sampel yang digunakan adalah 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial perilaku konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan persepsi konsumen juga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, perilaku konsumen dan persepsi konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk pakaian bekas di kota Kupang.
Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Persepsi Konsumen, Keputusan Pembelian.
Downloads
Article Details
References
Al, R. H., & Tri, I. A. (2015). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Trhadap Kepurusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39-49. https://doi.org/2550-1778
Andriani, P. D., Metera, G. M. & Arnawa, G. (2014). Motivasi, Persepsi Kualitas, Dan Sikap Konsumen Da lam Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. 3(3),63-77.
Assegaf, M. B. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Mobil Bekas pada Showroom Mobil Damai di Kota Malang. 108.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gohae, M. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Anisa Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan.
Hanifah, H. N., Hidayati, N., & Mutiarni, R. (2019). Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 37–44. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.345
Hayati, Y. H. (2018). Pengaruh Persepsi Konsumen Dalam Penentuan Keputusan Pembelian Produk Teh Botol Sosro Di Kabupaten Bogor.
Hazizah, P. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pakaian Bekas di Monja Pasar Raya Padang
Khairiyah, D., & Yunita, M. (2018). Pengaruh Nilai Emosional, Nilai Sosial, Nilai Kualitas Dan Nilai Fungsional Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Tvs Di Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 132-138. https://doi.org/10.37676/ekombis. v6i2.606.
Kotler, P. & Keller, L. K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2010). Prinsip-Prinsip pemasaran.
Mtsweni, E. S., Horne, T., Poll, J. A. V., Rosli, M., Tempero, E., Luxton-reilly, A.,. . . Khan,A. I. (2020). Engineering, Construction and Architectural Management, 25(1), 1-9. http://dx.doi.org./10.1016/j.jss.2014.12.010.
Naela, F. (2018). Hubungan Kualitas Produk Dengan Keputusan Membeli Pakaian Bekas Pada Remaja Di Kota Bukittinggi. http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38930
Nasution, F. Z. (2018). Hubungan Persepsi Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik Bebas Pestisida (Studi Kasus Pada Konsumen Kebun Sayur Surabaya Jawa Barat).
Rosidah, A., & Suhartini, R. (2021). Desain Upcycle Pakaian Bekas Sebagai Fashion Berkelanjutan. Jurnal Online Tata Busana, 10(3), 183-191. htttps://doi.org/10.26740/jotb.v10n3.p183-191.
Rizki, M. (2021). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Pada Pasar Monza TanjungBalai (Studi Pada Pengunjung Pasar Monza TanjungBalai.
Schifman, L. & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Tujuh.
Simangunsong, T. G. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas (Monza) Di Kota TanjungBalai.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta.
Sukmana, F. H. (2018). Pengaruh Persepsi Risiko, Variasi, Kualitas Dan Harga Produk Terhadap Sikap Konsumen (Studi Kasus Pakaian Bekas Karang Sukun Mataram.
Surya,A. & Setyaningrum, A. (2009). Analisis Persepsi Konsumen Pada Aplikasi Bauran Pemasaran Serta Hubungannya Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Hypermart Cabang Kelapa Gading). Journal of Business Strategy and Execution, 2(1), 13–39.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Tulangow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 35. https://doi.org/10.35797/jab.9.3.2019.25129.35-43
Uran, M. N., Fanggidae, R. P., & Nyoko, A. E. (2021, November). The Effect of Consumer Behavior on Consumer’s Interest to Buy Products Mr. Beta Pomade in UMKM in South Oesapa Village. In 6th International Conference on Tourism, Economics, Accounting, Management, and Social Science (TEAMS 2021) (pp. 673-677). Atlantis Press.
Villela, L. M. A.( 2013) Bab ii (1). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol.53, Issue 9, pp. 1689-1699). https://eprints.akakom.ac.id/6990/9/BAB ii.
Walgito. (2010). Faktor-faktor Keputusan Pembelian
Winingsih, A. N., & Triyonowati. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas (Studi Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya).