PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PT TELKOMSEL INDONESIA TBK CABANG MBAY)

Main Article Content

Maria Yosefina Muku Usu
Ronald P C Fanggidae
Merlyn Kurniawati
Markus Bunga

Abstract

Persaingan bisnis semakin ketat mengakibatkan banyak perusahaan harus mampu mengetahui dan memenuhi keinginan atau kebutuhan para pelanggan dengan tepat. Tingkat persaingan yang begitu ketat mengakibatkan banyak perusahaan tidak lagi memfokuskan aktifitas pemasaran semata mata pada pencarian pelanggan baru, namun sudah pada bagaimana mempertahankan serta meningkatkan kesetian pelanggan, strategi yang mampu menjebatani antara pelanggan dan perusahaan terutama dalam hal kepuasan dan loyalitas adalah dengan menerapkan konsep yang disebut dengan Customer Relationship Management (CRM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya CRM baik terhadap kepuasan maupun terhadap loyalitas secara parsial serta mengetahui pengaruhnya CRM secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dengan penarikan sampel sebanyak 100 orang. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi diketahui adanya pengaruh CRM terhadap kepuasan pelanggan sebesar 26,1% dan sisanya 73,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diangkat dalam penelitian ini. Sedangkan hasil pengujian koefisien determinasi pada persamaan regresi ke dua bahwa variabel CRM dan kepuasan pelanggan mempengaruhi tingkat loyalitas sebesar 31,7% dan sisanya 68,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada hasil pengujian variabel intervening menunjukan bahwa kepuasan plenaggan mampu menjadi variabel intervening diantara variabel CRM dan loyalitas pelanggan.


Kata Kunci: Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muku Usu, M., Fanggidae, R., Kurniawati, M., & Bunga, M. (2023). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PT TELKOMSEL INDONESIA TBK CABANG MBAY). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 319-333. https://doi.org/10.35508/glory.v4i2.10444
Section
Articles

References

Alfansi, Lizar. 2010. Financial Services Marketing. Jakarta. Salemba Empat.
Alrubeiee, L. Dan Al-Nazer, N. 2010. Investigate The Impact Of Relationship Marketing Orientation On Customer Loyalty - The Customers Perspective. International Journal Of Marketing Studies. Vol. 2. No.1. Pp. 155-174.
Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Jurnal Penelitian Ilmu Managemen. 2(2), 63.
Baharuddin, Syamsu Kamaruddin, Harifuddin Halim. (2019). Customer Relationship Management, Service Delivery And Responsiveness: A Supply Chain Perspecyive For Customer's Retention. International Journal Of Supply Chain Management. Vol. 8. No. 6, pp. 211–216.
Budiman dan Irnita Ajeng Yuli Muryati, 2010. CRM dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di PT Pelabuhan (Persero) Cabang Ambon, Journal The WINNERS, Vol.11 No. 2, September 2010.
Ersi, Dzikiryati Yuni dan Samuel, Hatane, 2014. Analysis CRM, Kepuasan Pelanggan dan loyalitas pelanggan produk UKM berbasis bahan baku terigu di Jawa Timur, Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(1) ; 1 8.
Hara, Paradisa Santoso, 2017. Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening.
Kotler, P., Bowen, J. T., Makens, J. C., & Baloglu, S. (2017). Marketing for Hospitality and Tourism (Seventh Ed). Pearson Education Limited Edinburgh Gate HarlowEssex CM20 2JE England.
Pambudi, D. E. (2014). Customer Relationship Management (CRM). Jurnal Fakultas Teknik Universitas Pesantren Tinggi Darul'Ulum, Jombang. Vol 9 (4), 2-30
Ramli, N. A., Remmang, H., & Ruslan, M. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Makassar. Indonesian Journal of Business and Management, 2(2), 47-55.
Rosalina, V., & Nurhadiyan, T. (2018). Pemodelan Electronic Customer Relationship Management ( ECrm ) Pada Rumah Sakit. Jurnal PROSISKO, 5(2), 1–5.
Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada PT. Go-Jek). Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 67–81.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tanadi, S., Yunus. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Usaha Susu Murni Siliwangi A-Karsan Bandung). Universitas Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. ANDI.
Trisusanti, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekan Baru). Jom Fisip, 4(2), 1–16.
Victor, C. (2015) Pengaruh Customer Relationship Management dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Serta Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal EMBA Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol 3 (2), 671-683.
Zahara, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 31–38.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, &Akuntansi), 2(1), 106-128.