PENGARUH BRAND AMBASSADOR MELALUI CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP MINAT BELI HANDBODY CITRA PADA MAHASISWA UNDANA KOTA KUPANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador melaui citra merek sebagai variabel intervening terhadap minat beli handbody citra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online dengan jumlah 100 responden yang dibagikan melaui google form. Dengan menggunakan analisis regresi linear sederehana dan hipotesis uji sobel untuk mengetahi pengaruh tidak langsung antara variabel brand ambassador ke citra merek, minat beli dan olah data menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji sobel dengan rumus Sab= (b².Sa² + a².Sb² + Sa².Sb²) menunjukan bahwa hipotesis uji sobel (intervening) brand ambassador berpengaruh secara signifikan melaui citra merek sebagai variabel intervening terhadap minat beli handbody citra pada mahasiswa UNDANA Kota Kupang.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Citra Merek, Minat Beli
Downloads
Article Details
References
Ferdinand, A. (2002). Pengembangan minat beli merek ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gaynor, L. G. (2012). Fashion Marketing Communications E-book. Somerset, NJ, USA: Wiley.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 15. Jakarta: Erlangga, 14.
Preacher, K. J. & Hayes, A. F., (2011). Quantifying and Testing Indirect Effects in Simple Mediation Models When the Constituent Paths are Nonlinear. Multivariate Behavioral Research
Rossister, J.R.,& Smidts,A. (2012) Print Advertising : Celebity presenters. Journal bussines research 65(6), 874-89
Shimp, Terence. A. 2013. Periklanan Promosi. Jakarta : Erlangga
Simmora, B.,& Konsumen, P.R.P(2014). Jakarta : PT. Gramedia Psutaka Utama
Surandi, Mujiono Yunelly, A. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk tepung sagu. Merbau
Wijaya, F. A., & Sugiharto, S. (2015). Pengaruh celebrity endorsement terhadap purchase intention dengan brand image sebagai variabel intervenung. 9(1), 16–22. https://doi.org/10.9744/pemasaran.9.1.16-22
Xian, Gou Li (2011). Corporate Product and User Image, Dimensions and Purchase Intention. Journal of Computers, (6)9 : 1875-1879