PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN AROMA KOTA KUPANG

Main Article Content

Priskila Marta Matik Sogen
Markus Bunga
Yosefina K I D D Dhae
Ronald P C Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen Rumah Makan Aroma Kota Kupang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling, sampel yang digunakan adalah 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan hipotesis di uji dengan uji menggunakan data SSPS. Uji kualitas data  dan uji asumsi klasik sudah terpenuhi kemudian diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi Y= 2.336 + 0.150(X1) + 0.092(X2) + 0.395(X3) dimana kualitas pelayanan, harga dan lokasi memiliki hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil dari uji F ditunjukkan secara simultan beepengaruh ketiga variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa nilai adjusted R square sebesar 0,791 yang menunjukkan besar presentase sumbangan variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) sebesar 79,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi ,Kepuasan Konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sogen, P., Bunga, M., Dhae, Y., & Fanggidae, R. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN AROMA KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(3), 681-693. https://doi.org/10.35508/glory.v4i3.10493
Section
Articles

References

Angipora, M. P. (2002). Dasar-dasar pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Anto , D. (1996) Pengantar Metode Statistik. Jakarta. LP3s
Diana, A., & Tjiptono, F. (2016). Pemasaran: Esensi dan Aplikasi. Andi Offset. Yogyakarta.
Ena, M. Y., Nyoko, A. E., & Ndoen, W. M. (2019). Pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, lokasi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian di Chezz Cafenet. JOURNAL OF MANAGEMENT Small and Medium Entreprises (SME’s), 10(3), 299-310.
Ferdinand, A. T. (2006). Metode Penelitian Manajamen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Firdiyansyah. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung gubrak Kepri Mall Kota Batam. 1, 1-9.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis Multivariete dengan program IBM SPSS 23 (edisi 8). Cetakan Ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 96.
Haromain, I., & Suprihhadi, H. (2016). Pengaruh Layanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(5), 1-17
Ikram, A. A., Nyoko, A. E., & Fanggidae, R. P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Menginap (Studi pada Resepsionis Hotel On The Rock Kupang). JOURNAL OF MANAGEMENT Small and Medium Entreprises (SME’s), 9(2), 167-174.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8. Erlangga, Jakarta.
Kotler, P. (1999). Manajemen pemasaran: analisis, perencanaan, implementasi, dan kontrol. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Jakarta. Penerbit PT. Indeks.
Lameshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1997). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta
Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2011). Pemasaran Jasa. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa" edisi 2: Salemba Empat. Jakarta.
Lembang, R. D. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1 Reguler II). Jurnal Manajemen Pemasran, 1(1), 69.
Mangkunegara, P. (2016). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.
Marsum, W. A. (2005). Restoran Dan Segala Permasalahan. Andi Yogyakarta.
Putrantaji, R. D. S., & Oktafani, F. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Lapangan Futsal (Study Kasus Pada Ifi Futsal Bandung). eProceedings of Management, 1(3)
Santoso, A., & Widowati, S. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 13(2), 179–190.
Seran, R. A., Fanggidae, R. P., Amtiran, P. Y., & Suryaputra, F. A. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL ARTHUR KUPANG. GLORY: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 3(3-Sept), 221-232.
Sugiyono. (2016). Metode kualitatif kuantitatif dan R&B. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta, CV.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 2, Andi Offset. Yogyakarta.
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Moder Di Indonesia. 2010-ISBN: 978-979-061-127-6-Salemba Empat.
Umar, H. (2005). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sunyoto, D. (2011). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. CAPS, Jakarta.