PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA HOKKY MART LASIANA)

Main Article Content

Paulina Kore
Markus Bunga
Merlyn Kurniawati
Apriana H J Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Hokky Mart Lasiana baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan rumus Rao Purbo diperoleh 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil uji f menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa persentase kontribusi pengaruh variabel independen (kualitas pelayanan dan harga) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) adalah sebesar 0,250 atau 25,0% dan sisanya 0,75 atau 75% dipengaruhi oleh variabel lain. tidak ditemukan dalam penelitian ini, seperti citra merek, kualitas pelayanan, lokasi dan lain-lain.


Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kore, P., Bunga, M., Kurniawati, M., & Fanggidae, A. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA HOKKY MART LASIANA). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(3), 647-657. https://doi.org/10.35508/glory.v4i3.10561
Section
Articles

References

Achmad, Y. (2011). Dualisme Penelitian Hukum Normatif dan Empiris (4th ed.). Pustaka Belajar.
Ahmad Tanzeh.( 2011). Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Basu, S. (2010). Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE UGM.
Darni. (2014). manajemen pemasaran. Manajemen Ekonomi Bisnis, 10(2), 55–62.
Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrma Widya.
Ena, M. Y., Nyoko, A. E., & Ndoen, W. M. (2019). Pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, lokasi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian di Chezz Cafenet. JOURNAL OF MANAGEMENT Small and Medium Entreprises (SME’s), 10(3), 299-310.
Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran (Andi (ed.); 3rd ed.).
Hajar, D., & Geonardi. (2011). manajemen pemasaran (2nd ed.). Gajah Mada Universsity Press.
Kantohe, J & Merlyn, K. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Berbelanja Pada Fiesta Pasar Swalayan Manado. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (EMBA), 2(1), 66–77.
Kodu, Sarini. 2013. Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA, Vol.1 No.3, September 2013: 1252-1259.
Kotler, & A. (2014). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Proses Keputusan Pembelian.
Kotler, P. 2013, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian, (Terjemahan Ancella Anitawati Hermawan), Jilid II, Edisi 13, Prehallindo, Jakarta.
Kotler, A. (2017). Prinsip-prinsip pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Kotler dan Keller. (2010). Manajemen pemasaran. In manajemen pemasaran (13th ed., Vol. 1). Erlangga.
Kotler, P. (2013). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Kotler, P. & A. (2011). Prinsip- Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Kotler, P. dan K. L. K. (2010). Manajemen Pemasaran (Bob Sabran (ed.); 13th ed.). Erlangga.
Ma’ruf. (2015). Pemasaran Ritel. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Machfoedz, M. (2011). Pengantar Pemasaran Modern. UPP AMP YKPN.
Parasuraman. (1998). A Multiple-Item Scale for Measuring. Journal of Retailing, 4. http://eprints.ums.ac.id/35301/16/9.DAPUS.pdf.
Peter dan Olson. (2018). Perilaku Konsumen (4th ed.). Erlangga.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran (BOB Sabran MM (ed.); 13th ed.). Erlangga.
Ratih, H. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun The Pagilaran. Universitas Diponegoro Semarang.
Samsul Ramli. (2013). Bacaan Wajib Para Praktisi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Visi media.
Schiffman dan Kanuk. (2000). Perilaku Konsumen (7th ed.). PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Setiadi. (2014). perlikau konsumen. Manajemen Pemasaran.
Soliha, E. (2010). Analisis Industri Ritel di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 15(2).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (5th ed.). Alfabet.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (3rd ed.). Alfabet.
Tjiptono. (2011). Strategi Pemasaran (ANDI. (ed.); 3rd ed.).
Tjiptono, 2009. Strategi Pemasaran Jasa. CV. Andi:Yogyakarta