PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT CIPTA NIAGA SEMESTA KUPANG

Main Article Content

Yovita Klaudia Ngora
Rolland E Fanggidae
Debryana Y Salean
Tarsisius Timuneno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Keterlibatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT Cipta Niaga Semesta Kupang baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian assosiatif dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive dan diperoleh 48 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yang menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil uji t bahwa variabel kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dan variabel keterlibatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT Cipta Niaga Semesta Kupang. Hasi uji F atau uji simultan menunjukan bahwa variabel kepemimpinan transformasionaldan keterlibatan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT Cipta Niaga Semesta Kupang.


Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Keterlibatan Kerja dan Produktivitas Kerja

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ngora, Y., Fanggidae, R., Salean, D., & Timuneno, T. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT CIPTA NIAGA SEMESTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(4), 1001-1010. https://doi.org/10.35508/glory.v4i4.10655
Section
Articles

References

Gibson, J. L., Invancevich, J., & Donnelly, J. (1997). Organisasi Edisi Ke Delepan Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara.
Mangkunegara, AA. A. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosda.
Ratnaningsih, E. (2009). Persepsi Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Gaya Kepemimpinan Transaksional dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas dengan Motivasi Sebagai Intervening Variable. Jurnal Ekonomi Janavisi, Vol.12, No.2.
Ratnaningtyas, H. (2021). Transformational Leadership and Work Motivation on Work Productivity Mediated by Work Engagement. The International Journal of Social Science Word Vol. 3 (2), 25-32.
Robbins, S. P. (2007). Manajemen, Edisi 8. Jakarta: PT.Indeks.
Robbins, S. P. & Coulter, M. (2010). Manajemen, diterjemahkan oleh Bob Sabran, Wibi Hardani. Jakarta: Erlangga.
Robbins, S. P dan Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi Edisi Keduabelas. Jakarta: Salemba Empat.
Robbins, Stephen P dan Judge, Timothy A. (2016). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Rompis & Sendow, J. (2019). Pengaruh Insentif, Turnover dan Keterlibatan Kerja Terhadap produktivitas Kerja Karyawan CV. Segarindo Utama Minahasa. Jurnal EMBA, 1081-1090.
Schaufeli, W. B. & Bakker A. B (2002). The Measurement of Enggagement and Burnout : A Two Sample Confirmatory Factor Analytic Approach . Jurnal of Happines Studies, 71-92.
Sedarmayanti. (2009). Membangun dan Mengembangkan Kepemimpinan serta meningkatkan kinerja untuk Meraih Keberhasilan . Bandung: PT. Refika Aditama.
Setiarlan, A., Ahmadun, & Nurminingsih, A. (2020 ). Pengaruh Kompetensi dan kepemimpinan transformasional terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT Jasa Swadaya Utama. Jurna Administrasi dan Manajmen Vol 10 No 2, 141-155.
Simanjuntak, M. (2013). Analisis Pengaruh Keterlibatan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan(Studi Pada PT. Njonja Meneer Semarang). Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Dipenogoro Semarang.
Sinaga, Y. P. (2010). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Gaya Kepemimpinan Transaksional Terhadap Produktivitas Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Intervening Variabel(Studi Pada Karyawan CV Cahaya Setia Mulia Yogyakarta). UAJY Thesis.
Sutrisno, E. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Widyasuty & Pogo. (2022). Effect of Human Capital, Work Engagement, Work-Life Balance on Work Productivity through Work Discipline in PT Widodo Makmur Unggas Indonesia. Scholars Bulletin 8(8), 225-237.
Yukl, G. (2005). Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: PT Indeks.