STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN (STUDI KASUS PADA UMKM TENUN IKAT INA SABU KUPANG)

Main Article Content

Filemonia Sepa
Markus Bunga
Merlyn Kurniawati
Rolland E Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM Tenun Ikat Ina Sabu, untuk menganalisis dan menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi UMKM Tenun Ikat Ina Sabu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian pada Usaha Tenun Iat Ina Sabu Kupang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penulis menggunakan metode analisis SWOT. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa strategi pengembangan yang dilakukan usaha kain tenun milik Ibu Nofelinda Kanni di Tenun Ikat Ina Sabu Kupang ialah tetap memepertahankan kualitas tenun baik dari bahan baku, ukuran, motif, dan corak tenunan. Produk kain tenun milik Ibu Noferlinda Kanni memiliki harga yang berbeda-beda disetiap produknya. Berdasrkan analisis data yang dihasilkan pada diagram SWOT dapat disimpulkan bahwa strategi yang harus diterapkan adalah strategi Agresif. Sehingga alternatif strategi yang tepat diterapkan oleh Tenun Ikat Ina Sabu Kupang adalah memelihara mutu produk dan meningkatkan pelayanan.


Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sepa, F., Bunga, M., Kurniawati, M., & Fanggidae, R. (2023). STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN (STUDI KASUS PADA UMKM TENUN IKAT INA SABU KUPANG). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(4), 887-905. https://doi.org/10.35508/glory.v4i4.11100
Section
Articles

References

Alam, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
David, A. A. (2003). Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi Kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.
David, F. R. (2011). Strategic Manajement. Buku 1. Edisi 12 Jakarta.
Fahmi, R. (2013). Analisis Laporan Keungan. Bandung: Alfabeta.
Galavan, R. (2014). Doing Bussines Strategy. Ireland: NuBooks.
Grant, A. E., & Meadows, J. H. (2018). Communication Technology Update And Fundamentals (11th ed.). Boston: Focal Press.
Imanuel Adhitya Wulanata Crismastianto (2017), Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finasial Terhadap Kualitas Layanan Perbank di Indonesia
Ismail, S. ((2012). Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Iswara. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Disiplin Kerja Karyawan pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Universitas Udayana. Vol 2. no.6. June 2013. ISSN 2302-8912.
Johnson, G. dan Scholes, K. (2016). Exploring Corporate Strategy-Text and Cases. Hemel Hempstead: Prentice-Hall.
Kartiwa, S. (1986). Kain Songket Indonesia. Jakarta Djambatan.
Kartiwa, S. (1989). Tenun Ikat Indonesia Ikats. Jakarta: Djambatan
Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketigabelas. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 jilit 1 & 2. PT. Indeks. Jakarta.
Kotler, P. dan Amstrong, G. (2012). Prinsif-Prinsif Pemasaran edisi 12 jilit 1. Intro (pp.1-27).
Munawir Muhammad(2018), Anlisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangan Usahatani Buah Naga Merah (Hylocereus costaricenis) Kecamatan Wasile Timur Kabupaten Halmahera Timur
Radiosunu. 1983. Politik Pemasaran. Yogyakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada.
Rangkuti, F. (2017). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2018). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Reting, dan OCAI. Jakarta: PT. Grenmedia Pustaka Utama.
Robbins, P. S dan Mary, C. (2010). Manajemen. Diterjemehakan oleh Bob Sabran, Wibi Hardani. Erlangga: Jakarta.
Siagan, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, PP. Bumi Aksara.
Somadi (2018), Penerapan analisis SWOT dalam upaya pengembangan Usaha Penyadapan Pohon Aren di Desa Wangunsari
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Akfabeta, CV.
Tambunan, T. (2012). UMKM di Indonesia dan Beberapa Isu Penting. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia. LP3ES. Jakarta.
Therik, J. A. (1989). Tenun Ikat dari Timur: Keindahan Anggun Warisan Leluhur. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa, Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Umar, B. (2015). “Metodologi Penelitian: Kuantitatif versus Kualitatif”, dalam Metode Penelitian Hubungan Internasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal 6.Widati. (2002). Permpuan Dalam Usaha Pertenunan Sulawesi Selatan. Jurnal Perempuan edisi 22.
Yulius Habita Nggini(2019), Analisis SWOT (Strenghts, Weaknes, Opportunity, Threats) Terhadap Kebijakan Pengembangan
Yurianto (2020), Analisis Penyusuanan Strategi Dan Progam Pembinaan Usaha Mikro Kecil DKI Jakarta Pada Masa Pandemic covid 19 dengan Pendekatan USG dan SWOT