ANALISIS PENGENDALIAAN KUALITAS PADA PRODUK TAHU PINK JAYA DI KOTA KUPANG-NTT

Main Article Content

Wilhelmus W Huler
Apriana H J Fanggidae
Ni Putu Nursiani
Christien C Foenay

Abstract

Penelitian ini dilakukan di pabrik Tahu Pink Jaya di desa Oebufu Kota Kupang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengendalian mutu proses produksi tahu di pabrik Tahu Pink Jaya di desa Oebufu Kota Kupang. Dalam penelitian ini terdapat dua vaitu data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah pabrik Tahu Pink Jaya melakukan pengendalian mutu yang dilakukan oleh perusahaan meliputi tiga tahapan yaitu pengendalian mutu bahan baku, pengendalian proses produksi dan pengendalian produk jadi. Kesimpulan, meskipun telah dilakukan quality control, masih terdapat kerusakan produk karena berbagai faktor, antara lain masih menggunakan alat potong yang sederhana, tidak adanya toleransi waktu saat proses pengepresan serta karyawan dan karyawan yang sangat teliti dalam proses produksi.


Kata kunci : Kontrol Kualitas, Produksi Tahu

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Huler, W., Fanggidae, A., Nursiani, N. P., & Foenay, C. (2024). ANALISIS PENGENDALIAAN KUALITAS PADA PRODUK TAHU PINK JAYA DI KOTA KUPANG-NTT. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 471-482. https://doi.org/10.35508/glory.v5i2.11317
Section
Articles

References

Ahyari, Agus. (2002). Pengendalian Produksi. Yogyakarta: BPFE.
Assauri, Sofjan. (2008). Manajemen Produksi. Edisi Revisi. Jakarta: LPFEUI
Besterfield, Dale H. (2009). Quality Control. 8 th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
F, Maria Sonya. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Roti Breadlife Plaza Medan Fair Menggunakan Peta Kendali Proporsi (P-Chart). Skripsi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam: Universitas Sumatra Utara.
Fakhri, Fauzal AL. (2010). Analisis Pengendalian Kualitas Produk di PT. Masscom Graphy dalam upaya mengendalikan tingkat kerusakan produk menggunakan alat bantu statistik. Skripsi Fakultas Ekonomi: Universitas Di Ponegoro.
Gaspersz, Vincent (2008) ”Total Quality Control” .Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hairiyah dan Amalia. (2020). Pengendalian Kualitas Produk Tahu Menggunakan Metode Six Sigma Di UD. Sumber Urip. Program Studi Teknologi Industri Pertanian. Politeknik Negeri Tanah Laut. Kalimantan Selatan.
Heizer, Render. (2015). Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.
Herjanto, Eddy. (2008). Manajemen Operasi. Edisi 3. Jakarta: PT Grasindo.
Ilham, Muhammad Nur. (2012). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistik Processing Control (SPC) Pada PT. Bosowa Media Grafika (T'rimbun Timur). Skripsi Fakultas Ekonomi: Univeritas Hasanuddin. Makasar.
Lestari, Mei Ratri Sri. (2009). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Akhir. Skripsi Fakultas Ekonomi: Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Meriza, Ayu Tiara. (2017). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Pada Dunkin Donuts di Bandar Lampung. Skripsi Pendidikan FEB: Universitas Lampung. Bandar lampung
Montgomery. (2009). Pengantar Pengendalia Kualitas Statistik. Yogyakarta: Gajahmada Universitas Pers.
Prawirososentono, Suryadi. (2007). Manajemen Operasi, Edisi 4. Jakarta: Bumi Aksara.
Purnomo, Hari. (2004). Pengantar Teknik Industri. Edisi 2. Jakarta: Graha Ilmu
Rosnani, Ginting. (2007). Sistem Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sukanto, Indriyo. (2002). Manajemen Prouksi. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.
Sumarnimurti, Soeprihanto Jhon. (2003). Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi 5. Yogyakarta: Liberty.