PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN JASA PENGIRIMAN SICEPAT EXPRESS CABANG KUPANG

Main Article Content

Celina Jema
Christien C Foenay
Yosefina K I D D Dhae
Ronald P C Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan secara simultan Kualitas Pelayanan berupa Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan,  dan Empati terhadap Kepuasan Konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan SiCepat Express Cabang Kupang. Pengambilan Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Non Probality Sampling dengan metode Accidental Sampling, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (Uji T) variabel Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, dan Jaminan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, sedangkan variabel Empati berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada SiCepat Express Cabang Kupang. Secara simultan (Uji F), Variabel Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Pada SiCepat Express Cabang Kupang.


Kata Kunci :     Kualitas Pelayanan, Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jema, C., Foenay, C., Dhae, Y., & Fanggidae, R. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN JASA PENGIRIMAN SICEPAT EXPRESS CABANG KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(5), 1037-1045. https://doi.org/10.35508/glory.v4i5.11542
Section
Articles

References

Firmansyah, Anang dan Didin Fatihudin, (2019). Pemasaran Jasa: (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan), Yogyakarta, CV Budi Utama.
Finistyawan, Y. K. K., & Bessie, J. L. D. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Travel di Kabupaten Malaka (Studi pada Travel Betun Mandiri Expres). Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 12(2), 149-165.
Hasby, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman terhadap Kepuasan Konsumen JNE Express Agen Pangkalan Mansyur. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6689
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (15th ed.) Pearson Education Limited
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2014). Manajmen Pemasaran Jasa. Jakarta Selatan: Slemba Empat.
Putra, D. E. (2011). Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jasa Pengiriman Surat dan Barang pada PT. Pos Indonesia Cabang Padang.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality, Satisfaction (edisi empat). Yogyakarta: Andi Offset
Toleu, M. J., Messakh, A. B. &, & Besie, J. L. D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuassan Pelanggan (Studi Pada Rumah Makan Suka Ramai Kota Kupang). Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 5(2), 139-154.
Nasution, M. N. (2010). Manajemen Mutu Terpadu, Edisi Ketiga. Jakarta (edisi ketiga): Ghalia Indonesia.
Umar, H. (2010). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Wardani, T. U. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada bisnis jasa transportasi gojek (studi kasus mahasiswa Febi UIN Sumatera Utara). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.