PENGARUH KINERJA KEUANGAN TRHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BEI

Main Article Content

Julliet Juneva Lani
Petrus E de Rozari
Reyner F Makatita
Christien C Foenay

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap nilai perusahaan yang dipoksikan dengan Price Book Value (PBV) dan menguji apakah Corporate Social Responbility (CSR) mampu memoderasi Kinerja keuangan terhada nilai perusahaan. Metode yang digunakan deskripsi kuantitatif dengan menggunakan purposive sampling 8 perusahaan dengan periode pengamatan selama 5 (lima) tahun. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda data panel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja keuangan yang di proksikan ROA dan ROE tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. CSR tidak mampu memoderasi kinerja keuangan yang diproksikan ROA dan ROE terhadap nilai perusahaan.


Kata kunci : Return On Asset, Return On Equity, Corporate Social Responbility, Nilai Perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lani, J., de Rozari, P., Makatita, R., & Foenay, C. (2023). PENGARUH KINERJA KEUANGAN TRHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BEI. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(5), 1089-1100. https://doi.org/10.35508/glory.v4i5.11672
Section
Articles

References

Adriani, S. & Subardjo, A. 2017. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.
Agus, Sartono (2017). Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi: Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.
Hery. 2018. Analisis Laporan Keuangan : Integrated and Comprehensive Edition. Cetakan Ketiga. PT. Gramedia : Jakarta.
Irham Fahmi, 2018. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.
I Irham Fahmi. 2011, Analisis Kinerja Keuangan, Alfabeta, Bandung.
slahuzzaman, (2012). Istilah-istilah Akuntansi dan Auditing, Edisi Kesatu, Bumi Aksara, Jakarta.
Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Edisi1-8. Jakarta: Rajawali Pers.
Kartini, Dwi. (2009). Corporat Social Responsibility: Transformasi Konsep Sustainability Management dan impementasi di Indonesia.
Lanti Triagustina, Edi Sukarmanto, dan Herlina (2010). Pengaruh Return On Assset (ROA) dan Return On Equity (ROE) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012.
Munawir, H.S. 2012. Analisis Laporan Keuangan (Edisi Keempat). Cetakan ke 16. Liberty Yogyakarta.
Pertiwi, S. & Flourien, N. C. 2020. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responbility Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal. Akuntansi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Jakarta.
Rahayu, S. 2010. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.
R. Rosiyana Dewi & Tia Tarnia. 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti.
Rosa, L. W. 2017. Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Corporate Social Responbility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2015. Jurnal. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Keuangan, Perbankan, Dan Pembangunan”. Padang.
Susanti, R. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Sudana, I. M. (2011). Manajemen keuanagan perusahaan teori dan praktik. Jakarta: ERLANGGA.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 Perseroan Terbatas. 16 Agustus 2007. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 106. Jakarta