PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN BERLANGGANAN INDIHOME (STUDI KASUS PADA PELANGGAN INDIHOME DI KOTA KUPANG)

Main Article Content

Theresia Amuliani Boleng
Ronald P C Fanggidae
Debryana Y Salean
Paulina Y Amtiran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Brand Image terhadap Keputusan Berlangganan IndiHome di Kota Kupang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner google form. Populasinya adalah seluruh pelanggan IndiHome di Kota Kupang dengan teknik pengambilan sample simple random sampling dan menghasilkan jumlah sample 100 responden dari perhitungan menggunakan rumus Yamane. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan berlangganan, kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berlangganan, brand image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berlangganan, harga, kualitas produk, dan brand Image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berlangganan.


Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Brand Image, Keputusan Berlangganan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Boleng, T., Fanggidae, R., Salean, D., & Amtiran, P. (2023). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN BERLANGGANAN INDIHOME (STUDI KASUS PADA PELANGGAN INDIHOME DI KOTA KUPANG). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(5), 1251-1269. https://doi.org/10.35508/glory.v4i5.11702
Section
Articles

References

Aaker, D. A. A. L. B (2009). Brand Equity and Advertising: Advertising Role in Building Strong Brand. Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates.
Agustina, Nur. A., Seno, S., & Bayu, W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Chemical Information and Modeling. 53(9), 1689-1699.
Allan. (2005). Pengertian Internet dan Asal Usul dari Kata Internet. Surabaya: Penerbit Indah.
Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Edisi ke 10. Bandung: ALFABETA CV.
Angipora, Marius. P. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Assauri, Sofjan. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Davey, Rod  & Jack, Anthony. (2003). Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Jakarta: PT Elax Media Komputindo.
Firmansyah, M. Anang. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Kotler, Philip & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta:Erlangga.
Kotler, Philip & Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke 8. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Armstrong, G. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 9. Jakarta: Erlangga.
Manggoa, D. A., Bunga, M., & Fanggidae, R. P. C. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pengguna Ojek Online Grabbike Di Kota Kupang). Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 11(1), 1–18.
Nasution, Muhammad. Nur. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management. Edisi ke 9. Bogor: Ghalia Indonesia.
Pandie, Grendy & Isliko, T. W. A. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Roti Kahang Jaya di Kota Kupang. Journal Of Management Small and Medium Enterprises, 4(1).
Prawira, Endy. Yudha. (2019). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Masyarakat Kota Yogyakarta. Jurnal Fokus, 9.
Priansa, Donni. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Edisi pertama. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Priansa, Donni. J. & Widokarti, Joko. R. (2019). Konsumen, Pemasaran, dan Komunikasi Kontemporer. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Sangadji, Etta. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.
Septiani, Sarah, & Prambudi, Bono. (2021). Septiani and Prambudi/ JOURNAL OF MANAGEMENT (SME’s), Vol.14, No.2, 2021, p153-168. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo, 14(2), 153–168.
Simamora, Bilson. (2005). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stanton, William. J. (2005). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Telkom Indonesia. (2022). Profil dan Riwayat Singkat. Diakses pada Kamis 1 Desember 2022. https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat-22
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2019). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.