PENGARUH CITRA MEREK DAN HERGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU CONVERSE ALL STAR PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSA CENDANA

Main Article Content

Nur Ihsan Arif Sudrajat
Markus Bunga
Merlyn Kurniawati
Christien C Foenay

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada produk sepatu Converse All Star. Dimana populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa atau mahasiswi Universitas Nusa Cendana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis yang membeli/menggunakan sepatu Converse All Star. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam menentukan sampel teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 50 responden. Jenis data yang digunakan yaitu bersumber dari data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian uji asumsi klasik yang dilakukan melalui normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas menunjukkan bahwa semua variabel yang digunakan tidak melanggar syarat yang telah ditentukan.Sedangkan hasil uji kelayakan model yang dilakukan dengan uji F, uji T dan koefisien determinasi, model regresi yang digunakan dalam penelitian ini layak digunakan. Hasil uji hipotesis menunjukkan variabel citra merek dan variabel harga, menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil ini mengidentifikasikan bahwa keputusan pembelian makin meningkat bila terdapat peningkatan pada citra merek dan harga.


Kata Kunci : Citra Merek, Harga Dan Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sudrajat, N. I., Bunga, M., Kurniawati, M., & Foenay, C. (2024). PENGARUH CITRA MEREK DAN HERGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU CONVERSE ALL STAR PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NUSA CENDANA. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(1), 155-169. https://doi.org/10.35508/glory.v5i1.12572
Section
Articles

References

Aaker. (2018). Manajemen ekuitas . Mitra Utama.
Agusta. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4 (1), 12.
al, A. e. (2018). Saudi Journal Of Business And Management Studies ( Sjbms ) The Influence Of Service Quality , Brand Image And Promotion On Purchase Decision At Mcu Eka Hospital. Business And Management Studies, 3, 1-12.
al, H. e. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Bukalapak. eProceedings of Management, 8(1).
Arifin, V. &. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 44-48.
Aslamiyah, R. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi Close Up di Pondok Pesantren Darul Falah V. Journal of Business and Innovation Management,, 2(2), 135-146.
Chania, T. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Rush di Kota Padang. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University, 15(2).
Chernev, A. (2017). Strategic Brand Management (Vol. 2). USA: Cerebellum Press.
Fatmawati. (2017). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap proses keputusan pembelian konsumen sepeda motor matic Honda. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1-20.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halim, N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Persaingan terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4 (3), 415-424.
Hartono, J. (2017). Metode Penelitian Bisnis Salah Kaprah Dan Pengalaman-Pengalaman (Vol. Edisi 6).
Keller, K. L. (2020). Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity (Vol. 5). Pearson Education .
Kotler, P. d. (2016). Principles of Marketing (Vol. 15th Edition). Pearson Education Limited.
Lestari, R. W. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sepatu converse pada mahasiswa stiesia surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(7).
N., N. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Produk Mie Instan Merek Indomie . Jurnal Online Universitas 45 Surabaya .
Pratiwi, M. Y. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu 2BEAT. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(7).
Rahayu, E. (2020). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen T-Mart Express Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 1-10.
Rivai, J. &. (2021). The Role of Purchasing Decisions Mediating Product Quality, Price Perception, and Brand Image on Customer Satisfaction of Kopi Janji Jiwa. Journal of Business and Management Studies, 3 (2), 31-42.
Sari, D. P. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73-83.
Sari, I. &. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada PT. Multi Pratama Nusantara Kecamatan Tayan Hilir. Jurnal Produktifitas : Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhannadiyah Pontianak, 71.
Sidi, P. &. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Celebrity. Relasi Jurnal Ekonomi, 18 (1), 192–204.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni. (2018). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: PT.Fajar Interpratama Mandiri.
Sumpu, N. T. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Mahasiswa Universitas Samratulangi, Manado Angkatan 2016) . EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 64.
Supriyadi. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse Di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3 (1), 60-72.
Tiara Nada Chania, N. C. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Rush di kota Padang Universitas Bung Hatta.
Tiyasherlinda, G. A. (2022). Citra Merek Dan Harga Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Di Magelang. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 306-314.
Tjiptono. (2016). Strategi Pemasaran (Vol. 1). Yogjakarta: Andi.
Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran (Vol. Edisi 4). Yogjakarta: Andi Offset.
Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil toyota yaris di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA),, 1 (2), 80-103.
Aaker. (2018). Manajemen ekuitas . Mitra Utama.
Agusta. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4 (1), 12.
al, A. e. (2018). Saudi Journal Of Business And Management Studies ( Sjbms ) The Influence Of Service Quality , Brand Image And Promotion On Purchase Decision At Mcu Eka Hospital. Business And Management Studies, 3, 1-12.
al, H. e. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Bukalapak. eProceedings of Management, 8(1).
Arifin, V. &. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 44-48.
Aslamiyah, R. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi Close Up di Pondok Pesantren Darul Falah V. Journal of Business and Innovation Management,, 2(2), 135-146.
Chania, T. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Rush di Kota Padang. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University, 15(2).
Chernev, A. (2017). Strategic Brand Management (Vol. 2). USA: Cerebellum Press.
Fatmawati. (2017). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap proses keputusan pembelian konsumen sepeda motor matic Honda. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1-20.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halim, N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Persaingan terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4 (3), 415-424.
Hartono, J. (2017). Metode Penelitian Bisnis Salah Kaprah Dan Pengalaman-Pengalaman (Vol. Edisi 6).
Keller, K. L. (2020). Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity (Vol. 5). Pearson Education .
Kotler, P. d. (2016). Principles of Marketing (Vol. 15th Edition). Pearson Education Limited.
Lestari, R. W. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sepatu converse pada mahasiswa stiesia surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(7).
N., N. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Produk Mie Instan Merek Indomie . Jurnal Online Universitas 45 Surabaya .
Pratiwi, M. Y. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu 2BEAT. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(7).
Rahayu, E. (2020). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen T-Mart Express Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 1-10.
Rivai, J. &. (2021). The Role of Purchasing Decisions Mediating Product Quality, Price Perception, and Brand Image on Customer Satisfaction of Kopi Janji Jiwa. Journal of Business and Management Studies, 3 (2), 31-42.
Sari, D. P. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73-83.
Sari, I. &. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada PT. Multi Pratama Nusantara Kecamatan Tayan Hilir. Jurnal Produktifitas : Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhannadiyah Pontianak, 71.
Sidi, P. &. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Celebrity. Relasi Jurnal Ekonomi, 18 (1), 192–204.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni. (2018). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: PT.Fajar Interpratama Mandiri.
Sumpu, N. T. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Mahasiswa Universitas Samratulangi, Manado Angkatan 2016) . EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 64.
Supriyadi. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse Di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3 (1), 60-72.
Tiara Nada Chania, N. C. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Rush di kota Padang Universitas Bung Hatta.
Tiyasherlinda, G. A. (2022). Citra Merek Dan Harga Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Di Magelang. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 306-314.
Tjiptono. (2016). Strategi Pemasaran (Vol. 1). Yogjakarta: Andi.
Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran (Vol. Edisi 4). Yogjakarta: Andi Offset.
Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil toyota yaris di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA),, 1 (2), 80-103.