PENGARUH CITRA MEREK, SERVICE QUALITY DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MANLIEST BARBERSHOP OEBUFU KOTA KUPANG

Main Article Content

Adrianus Sabha
Christien C Foenay
Yonas F Riwu
Apriana H J Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, service quality  dan word of mouth terhadap keputusan pembelian di Manliest Barbershop Oebufu kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus Unknown Populations. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan di Manliest Barbershop Oebufu Kota Kupang dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial citra merek berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Manliest Barbershop Oebufu kota Kupang, secara parsial Service Quality berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Manliest Barbershop Oebufu kota Kupang, secara parsial word of mouth berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Manliest Barbershop Oebufu kota Kupang dan secara simultan citra merek, service quality  dan word of mouth berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Manliest Barbershop Oebufu kota Kupang.


Kata Kunci : Citra Merek, Service Quality, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sabha, A., Foenay, C., Riwu, Y., & Fanggidae, A. (2024). PENGARUH CITRA MEREK, SERVICE QUALITY DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MANLIEST BARBERSHOP OEBUFU KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(1), 41-52. https://doi.org/10.35508/glory.v5i1.12728
Section
Articles

References

Anisa Nur, A. (2022). Pengaruh Word Of Mouth (WOM), Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Pada Toko Pasundan Pusat Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas) (Doctoral dissertation, UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto).
Ali, S. (2020) Pembelajaran Daring di Tengah WabahCovid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: JurnalIlmiah Pendidikan Biologi Vol. 06, No. 02 Juni 2020, 06, 215-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Arianto, N, (2018) “Pengaruh Kualitas Kualitas Pelayanan dan kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam mengunkan jasa hotel rizen kedaton bogor”. 1(2), 83–101
Auliannisa Gifani Syahputra. 2017. Pengaruh Citra Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom, Jurnal Bisnis dan IPTEK, Vol 10, No. 2.
Donni Priansa. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta
Jefri, J., & Widagdo, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pempek Candy Kapten A. Rivai Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 37-49.
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Valuta, 4(1), 71–85.
Kasali, Rhenald. 2011. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Kotler, Philip (2013), Strategi Brand Management, 14eth Edition, England: Pearson Education Limited.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta :Erlangga
Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga. p125
Kotler, P and Amstrong, G. 2018. Perilaku Konsumen di Masa Bisnis Online. Terjemahan: Jusuf, D. I. Yogyakarta: Andi Offset.
Ling, Tjong Su, and Anton Widio Pratomo. 2020. “Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Highland Park Resort Hotel Bogor.” Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan 1(1):31–42.
Lyonita, Telly., Dyah Budiastuti. 2012. “Analisis Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Konsumen Pada PT. Telkom Jakarta Selatan (Produk Speedy)”. Disertasi Doktor Bina Nusantara, Jakarta
Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Machfoedz, M. 2013. Pengantar Pemasaran Modern. Akademi Manajemen Pemasaran YPKPN, Yogyakarta
Masiruw, C. N., Kawet, L., & Uhing, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Rush Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289.
Robby Fauji. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, lokasi dan Word Of Mouth terhadap keputusan Pembelian pada Anugerah Al-Baghdadi Mebel Karawang. ( E-Jurnal Riset Manajemen)
Schiffman dan Kanuk. 2014. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy.