PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) UP3 KUPANG

Main Article Content

Ivon Debora Saudale
Ni Putu Nursiani
Debryana Y Salean
Tarsisius Timuneno

Abstract

Penelitian ini berfokus pada karyawan PT. PLN (Persero) UP3 Kupang. Tujuan penelitian adalah untuk 1) Mendeskripsikan pengembangan karir, disiplin kerja dan kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) UP3 Kupang; 2) Menganalisis pengembangan karir berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) UP3 Kupang; 3) Menganalisis disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) UP3 Kupang; 4) Menganalisis pengaruh pengembangan karir dan disiplin kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) UP3 Kupang. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling, dengan rumus slovin diperoleh 38 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis deskriptif capaian variabel pengembangan karir, disiplin kerja dan kinerja karyawan berada pada kriteria tinggi. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa pengembangan karir dan disiplin kerja baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) UP3 Kupang.


Kata Kunci : Pengembangan Karir, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Saudale, I., Nursiani, N. P., Salean, D., & Timuneno, T. (2024). PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) UP3 KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(1), 79-90. https://doi.org/10.35508/glory.v5i1.12740
Section
Articles

References

Agustini, F. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Madenatera.
Anggraini, dkk. (2022) Pengaruh Disiplin Kerja dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan pada PT. BPR Sari Sedana Sanglah Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 3 No. 1, 2022.
As’ad, Tiffin & Mc. Cornick. (2001). Seri Ilmu Sumber Daya Manusia Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty.
Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Erlangga.
Dessler. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi 10). Jakarta Barat: PT Indeks.
Gibson, Ivancecich, Donnelly. (2010). Organisasi, Perilaku, Struktur (Jilid 2). Jakarta: Binarupa Aksara.
Handoko, T. Hani. (2012). Manajamen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi Cetakan 13). Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu. (2013). Menejemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi Cetakan 17). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Iman, dkk. (2021). Pengaruh Pengembangan Karir, Disiplin, dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Matahari Departement Store Cabang City of Tomorrow. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Ubhara, Vol. 1 No. 1, 2021
Mangkunegara. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (Edisi 11). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Narmodo & Wajdi, Farid. (2009). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Wonogiri.
Nazara & Mendofa. (2021). Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Umum Daerah Pasar Ya’ahowu Kabupaten Nias. Jurnal Akuntansi dan Manajemen PEMNAS Vol 8 No, 1 Juni 2021.
Pramitha , Daniar & Wijayanti (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Lumajang : WIDYA GAMA PRESS
Raymond, A. Noe. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Mencapai Keunggulan Bersaing. Salemba Empat. Jakarta.
Veithzal. Rivai, (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sedarmayanti. (2010). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja (Cetakan 2). Bandung: Mandar Maju.
Siagian, Sondang P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugesti, Dea Oktafri. (2019). Pengaruh Pengembangan Karir dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pelindo 1 Cabang Terminal Peti Kemas Domestik Belawan Medan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Maret 2019.
Suwatno. &Yuniarsih. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.