PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT ANGKASA PURA 1 (PERSERO) BANDARA EL TARI KUPANG

Main Article Content

Yuni Hartati Gultom
Tarsisius Timuneno
Marianus S Neno
Ni Putu Nursiani

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan kepuasan kerja terhadapĀ  kinerja karyawan pada PT angkasa Pura 1 (Persero) Bandara El Tari Kupang. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 23 sebagai pengolahan data pengujian secara parsial dan simultan. Penelitian ini dilaksanakan pada PT angkasa Pura 1 (Persero) Bandara El Tari Kupang dengan jumlah sampel 48 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT angkasa Pura 1 (Persero) Bandara El Tari Kupang , 2) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT angkasa Pura 1 (Persero) Bandara El Tari Kupang, 3) Disiplin kerja dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan Pada PT angkasa Pura 1 (Persero) Bandara El Tari Kupang. Batasan penelitian ini hanya berfokus pada karyawan PT angkasa Pura 1 (Persero) Bandara El Tari Kupang di luar dari pimpinan untuk melihat pengaruh antara variabel independen yaitu disiplin kerja dan kepuasan Kerja terhadap kinerja karyawan pada PT angkasa Pura 1 (Persero) Bandara El TariKupang.


Kata Kunci : Disiplin Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Gultom, Y., Timuneno, T., Neno, M., & Nursiani, N. P. (2024). PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT ANGKASA PURA 1 (PERSERO) BANDARA EL TARI KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(1), 249-258. https://doi.org/10.35508/glory.v5i1.12957
Section
Articles

References

Agustini, F. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Madenatera.
Gibson, M. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua. Jakarta: Erlangga.
Hasibuan, Malayu,S.P 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.
Hutabarat, L., Anggen, K., & Murniati, M. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Suryamas Cipta Perkasa II Desa Paduran Sebangau Kecamatan Sebangau Kuala. Jurnal Manajemen Sains dan Organisasi, 1(3), 214-230.
Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. (Alih Bahasa V.A Yuwono, dkk) Edisi Bahasa Indonesia. Yogyakarta : ANDI.
Madyoningrum, A. W., & Azizah, R. (2022). PENGARUH MOTIVASI KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 12(2), 328-342(2009).
Mangkunegara (2009).Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Paruru, J. B., Lapian, S. J., & Tawas, H. N. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(1).
Prasetyo, E. T., & Marlina, P. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 21-30.
Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi. Alih Bahasa oleh: Benyamin Molan.Cetakan I. Indonesia: PT.Indeks.
Robbins, S. P (2015), Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat
Sugiyono, (2017).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Suparyadi. (2015).Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
Sutrisno, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak ke sebelas Kencana. Pranada. Media Group, Jakarta
Wibowo, W. (2012). Manajemen Kinerja. PT Rajagrafindo. Persada. Jakarta