PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN BUDAYA KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA BANK BTN KC KUPANG

Main Article Content

Adela Johirputri Taek
Merlyn Kurniawati
Tarsisius Timuneno
Rolland E Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik individu dan budaya kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada Bank BTN KC Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Bank BTN KC Kupang yang berjumlah 52 orang, Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dengan jumlah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Data yang dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan program SPSS. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa karakteristik individu secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan. Budaya kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja. Hasil analisis determinasi menunjukan kontribusi variabel karakteristik individu dan budaya kerja terhadap tinggi rendahnya prestasi kerja relatif kuat.


Kata Kunci : Karakteristik Individu, Budaya Kerja, Prestasi Kerja

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Taek, A., Kurniawati, M., Timuneno, T., & Fanggidae, R. (2024). PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN BUDAYA KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA BANK BTN KC KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(1), 1-14. https://doi.org/10.35508/glory.v5i1.12959
Section
Articles

References

Ghazi Ben Saad & Muzaffar Abbas (2018). The impact of organizational culture on job performance: a study of Saudi Arabian public sector work culture. Problems and Perspectives in Management, 16(3), 207-218. doi:10.21511/ppm.16(3).2018.17
Handoko, T. Hani. (2015). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Hartanto, Frans Mardi. 2009. Paradigma Baru Manajemen Indonesia: Menciptakan Nilai dengan Bertumpu pada Kebijakan dan Potensi Insani. Bandung: Mizan
Hasibuan, Malayu S. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kelimabelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasibuan, M. 2013. Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.
Khairul.Umam. (2010). Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia
MacIntosh, E. W., & Doherty, A. (2010). The influence of organizational culture on job satisfaction and intention to leave. Sport Management Review, 13(2), 106–117. doi:10. 1016/j. smr.2009.04.006
Mangkunegara, A. A, Anwar Prabu. (2015). “Manajemen Sumber Daya Manusia/Perusahaan”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, Prabu Anwar, and Anwar Prabu. 2016. “Evaluasi Prestasi Kerja SDM.” Cetakan ke tujuh, PT Refika Aditama: Bandung.
Ndraha, Taliziduhu. 2010. Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Peoni, H. (2014). Pengaruh karakteristik individu dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan (Studi Pada PT. Taspen (Persero) Cabang Manado). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 3(001).
Rahman, A. 2013. Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu Dan Pengetahuan Empirik. Rajawali
Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. 2017. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior, Fifteenth Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.
Schein, Edgar H. (2010) Organizational Culture and Leadership. Fourth Edition.Jossey-Bass. A Wiley Imprint, Market Street. San Fransisco CA.
Simamora, H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia In Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Triguno. 2013. Budaya kerja Pemerintah-Bahan Ajar Diklat Prajabatan Golongan III. Jakarta: LAN RI.
Sutrisno, Edy. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Keempat. Jakarta: Kencana.
Triguno. (2017). Budaya Kerja: Menciptakan Lingkungan yang Kondsif untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja, Edisi 4, Jakarta: PT Golden Terayon.
Yuwono, dkk. 2005. Analisis Beberapa Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Karyawan Kejaksaan Tinggi D.I. Yogyakarta. Jurnal Review Bisnis Indonesia Vol.1 No 1.