PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KERJASAMA TIM TEREHADAP KINERJA KARYAWAN KSP KOPDIT SEHATI BA’A DI KABUPATEN ROTE NDAO

Main Article Content

Sonia Eunike Lodo
Rolland E Fanggidae
Clarce S Maak
Ni Putu Nursiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan kerjasama tim  terhadap kinerja karyawan pada KSP Kopdit Sehati Ba’a di Kabupaten Rote Ndao. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan KSP Kopdit Sehati Ba’a di Kabupaten Rote Ndao sebanyak 32 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunkan kuesioner yang disebarkan pada karyawan KSP Kopdit Sehati Ba’a di Kabupaten Rote Ndao. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan bantuan SPSS IBM 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y), Selain itu kerjasama tim (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Sementara secara simultan budaya organisasi (X1) dan kerjasama tim (X2) secara simultan memiliki hubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) pada KSP Kopdit Sehati Ba’a di Kabupaten Rote Ndao.


Kata Kunci : Budaya Organisasi, Kerjasama Tim, Kinerja Karyawan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lodo, S., Fanggidae, R., Maak, C., & Nursiani, N. P. (2024). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KERJASAMA TIM TEREHADAP KINERJA KARYAWAN KSP KOPDIT SEHATI BA’A DI KABUPATEN ROTE NDAO. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(1), 207-220. https://doi.org/10.35508/glory.v5i1.13189
Section
Articles

References

Abdullah Maruf, M. 2014. Manajemen Dan Evaluasi Kinerja Karyawan.
Ni ketut.et al. 2022. Pengaruh Budaya Organisasi, Beban Kerja,Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Krama Bali: Jurnal EMAS, 3(9): 51–70.
George, J. M. (2012). Understanding and managing organizational behavior . New Jersey. Prentice Hall.
Ghoniyah, Nunung. 2011. “Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Komitmen.” JDM (Jurnal Dinamika Manajemen) 2(2).
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Grafindo Persada Gramedia.
Ivancevich John, M. D. ( 2005). Prinsip dan Fungsi Manajemen, edisi keempat, Richard D. Irwin. Amerika Serikat: Inc.
Jamaluddin, R. S. ( 2017). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 4.
Kaswan. 2017. Organisasi: Mengembangkan Perilaku Produktif Dan Mewujudkan Kesejahteraan Pegawai Di Tempat Kerja (Psikologi Industri). Bandung: Alfabeta.
Luthans, F. (2014). Organisatioan Behavior. Newyork: McGraw-hill.
Mangkunegara, A. A. (2009). “Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.”.
Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja
Nigeria Liquefied Natural Gas Plant. Strategic Management Quarterly,
Robbins, S. P. (2008). Perilaku Organisasi–Organizational Behavior. Jakarta: Selemba Empat.
. S. P., & Coulter, M. (2014). Management (11th ed.). Prentice Hall. 3(4), 39–60. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Setia.
Silvani Lawasi, dan Boge Triatmanto. 2022. Analisis Pengaruh Komunikasi Dan Kerjasama Tim Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan. Citizen: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 2(3): 393–402.
Sutrisno, E. H. (2016). Manajemen sumber daya manusia. jakarta: kencana prenada.
. E. H. (2019). budaya oerganisasi . jakarta: prenadamedia group.
Syarifah Mauli Masyithah, M. A. (2018). Analisis Pengaruh Kompensasi, Kerjasama Tim dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya pada Kinerja Karyawan . Aceh: SIMEN (Akuntansi dan Manajemen) STIES.
West, Michael. (2002). Kerja Sama Yang Efektif. Cetakan Kelima. Penerjemah: Srikandi Waluyo. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Wibowo. ( 2012). Manajemac8n Kinerja. Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.
Zamzany, F R, E Setiawan, and D Permatasari. 2021. “Analisis Teamwork Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kinanti Utama Karya. ‟JIsEB 2(1): 46–53. http://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/