FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGELOLAAN KEUANGAN DI CV FENI KARYA (TAMAN WISATA BONEANA) KABUPATEN KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR)

Main Article Content

Johanes P Batagodo
Petrus E de Rozari
Reyner F Makatita
Christien C Foenay

Abstract

Setiap perusahaaan memiliki cara tersendiri dalam mengelola serta menjalankan kegiatan operasionalnya sehingga perusahaan tersebut memiliki sumber pendanaan yang harus dikelola dengan baik. Pentingnya pengelolaan keuangan yang dikelola dengan baik merupakan suatu kepercayaan dari masyarakat yang diberikan kepada perusahaan untuk membangun program perusahaan yang berkualitas dan membangun citra yang baik di mata masyarakat. Pengelolaan keuangan adalah kegiatan untuk mengatur uang sebaik mungkin dengan melihat berbagai tahapan dan langkah-langkah yang nantinya dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak yang berkepentingan. CV. Feni Karya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata di Kabupaten Kupang yang berlokasi di Dusun Boneana, Oemat Nunu, Kecamatan Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Tujuan yang ingin dicapai CV. Feni Karya ini adalah menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat di Kabupaten Kupang, membuat destinasi dan juga objek pariwisata untuk masyarakat Kota Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study) untuk menyelidiki dan memahami sebuah kejadian atau masalah yang telah terjadi dengan mengumpulkan berbagai macam informasi yang kemudian diolah untuk mendapatkan sebuah solusi agar masalah yang diungkap dapat terselesaikan. Berdasarkan hasil penelitian. Proses pengelolaan keuangan CV Feni Karya terlaksana dengan baik karena adanya perencanaan, pengarahan, pengorganisasian, pengawasan dan evaluasi pengelolaan keuangan hingga pertanggung jawabannya walaupun memiliki banyak kekurangan yang belum mengikuti Peraturan pokok pengelolaan  dan pedoman pengelolaan pengelolaan faktor yang mempengaruhi pengelolaan keuangan CV Feni Karya seperti keterlambatan kaporan keuangan, pencatatan yang kurang rapi, pencatatan transaksi dimana perusahaan biasanya mencatat tersebut dan tidak memprosesnya kembali dan Pencatatan yang dimiliki perusahaan juga kurang memiliki kesinambungan dengan elemen-elemen laporan keuangan yang sebenarnya.


Kata Kunci :  Faktor Faktor Pengelolaan  Keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Batagodo, J., de Rozari, P., Makatita, R., & Foenay, C. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGELOLAAN KEUANGAN DI CV FENI KARYA (TAMAN WISATA BONEANA) KABUPATEN KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR). GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(1), 91-101. https://doi.org/10.35508/glory.v5i1.13251
Section
Articles
Author Biographies

Petrus E de Rozari, Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Cendana, Kupang

Manajemen Keuangan

Reyner F Makatita, Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Cendana, Kupang

Manajemen Keuangan

Christien C Foenay, Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Cendana, Kupang

Manajemen keuangan

References

Armereo, C., Marzuki, A, & Seto, A. (2020). Manajemen Keuangan. Nusa Litera Inspirasi.
Fadhila, N. (2015). Analisis Pembiayaan Mudharabah Dan Murabahah Terhadap Laba Bank Syariah Mandiri. Riset Akuntansi Dan Bisnis, 15(1), p. 65–77.
Hadiyati, S. (2018). Studi Identifikasi Faktor–Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Empiris Pada Seluruh Desa Di Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon).
Nasution, Dito. (2018). Analisis pengaruh pengelolaan keuangan daerah, Akuntabilitas dan Transparansi terhadap kinerja keuangan pemerintah
Palopo, S. Aprilia, N, Hapid, Duriani. (2018). Analisis Penerapan Sistem Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Pada Rumah Sakit Umum Daerah.
Purba, D, Kurniullah, A, Banjarnahor, A, Purba, Sari, A, Hasyim, H., Yanti, Y., & Butar, M. (2021). Manajemen Usaha Kecil dan Menengah. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Terry. G. (2010). Principles of Management. Illions: Richard D. Irwin Inc.
Wiestra. (2014). Pelaksanaan kegiatan. Jakarta.
Wiguna, M, Yuniarta, G, Darmawan, N. (2015). Pengaruh Pengawasan Keuangan Daerah, Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng.
Wirawan. (2011). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Yanuarisa, Y. (2020). Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Yayasan Yusuf Arimatea Palangka Raya. Balance, 12(2), 90–103.