PENGARUH KESEPAKATAN KERJA BERSAMA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA DRIVER MAXIM DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Patrick Tri Putra Yusup Mbooh
Ni Putu Nursiani
Debryana Y Salean
Rolland E Fanggidae

Abstract

Keberhasilan pertumbuhan dan perkembangan sektor jasa tidak terlepas dari peran penting Sumber Daya Manusia (SDM). Bebicara tentang sumber daya manusia berarti berbicara tentang peranan manusia. Peranan manusia sangat penting dan strategis untuk mencapai tujuan–tujuan perusahaan. Perusahan harus mampu mengelola dengan baik sumber daya yang dimiliki dikarenakan sumber daya tersebut menjadi salah satu penentu Kinerja perusahaan. Kinerja adalah hasil atau dampak dari kegiatan individu selama periode waktu tertentu. Kinerja para karyawan dapät dipengaruhi kesepakatan kerja bersama yang disepakati oleh seorang karyawan ketika pertama kali bergabung dengan sebuah perusahaan dan komitmen organisasi yang merupakan tingkat loyalitas yang dirasakan individu terhadap organisasi. Persaingan dunia jasa transportasi semakin kompetitif,dikarenakan transportasi memegang peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian khususnya perkotaan. Ojek merupakan transportasi angkutan umum yang menggunakan sepeda motor sebagai sarana pengangkutan dan pengantaran. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, peranan transportasi seperti ojek. Maxim merupakan solusi akan berbagai permasalahan tranportasi konvensional seperti angkutan umum, bus dan ojek pangkalan di kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian survei adalah metode penelitian kuantitatif yang digunakan untuk mendapatkan data yang terjadi pada masa lampau atau saat ini, tentang keyakinan, pendapat, karakteristik, perilaku, hubungan variabel dan untuk menguji beberapa hipotesis dari sampel yang diambil dari populasi tertentu, teknik pengumpulan data dengan pengamatan (wawancara atau kuesioner). Berdasarkan hasil uji regresi dan uji parsial (t) menunjukan variabel kesepakatan kerja bersama berpengaruh terhadap kinerja driver. Berdasarkan hasil uji  variabel komitmen organisasi kinerja driver. Berdasarkan uji simultan (uji F) menunjukan. kesepakatan kerja bersama dan komitmen organisasi bersama-sam berpengaruh terhadap kinerja driver maxim di kota Kupang.


Kata Kunci : Kesepakatan Kerja Bersama, Komitmen Organisasi dan Kinerja Driver

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mbooh, P., Nursiani, N. P., Salean, D., & Fanggidae, R. (2024). PENGARUH KESEPAKATAN KERJA BERSAMA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA DRIVER MAXIM DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 413-422. https://doi.org/10.35508/glory.v5i2.13277
Section
Articles

References

Hasibuan, M. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Luthans, Fred. (2012). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh,. Yogyakarta.: PT. Andi.
Mangkunegara, P. (2006). "Perencanaan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia". PT. Refika Aditama.
Mankuprawira, S. (2009). Bisnis, Manajemen dan Sumber Daya Manusia, Penerbit. IPB Press, PT. Gramedia.
Newstrom, J. (2011). Organizational Beharvior, Human Beharvior at work. McGraw-Hill Companies, New York.
Nugroho, R., & Japarianto, E. (2013). Pengaruh People, Physical Evidence, Product, Promotion, Price dan Place terhadap Tingkat Kunjungan Di Kafe Coffe Cozies. Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2),1-9.
Rivai, V. (2009). "Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik", Salemba Empat, Jakarta.
Robbins, P. (2008). Organizational Behavior (10 th Ed). New jersey: Prentice Hall.
Robbins, P, And Coulter, M. (2012). Management, Eleventh Edition,(United States of America: Pearson Education Limited).
Schermerhorn, H, Osbondanv U, Wibowo. (2011). Perilaku Dalam Organisasi. Edisi Kedua, Cetakan Keempat Raja grafindo Persada. Jakarta.
Stolovitch, H, and Keeps, E. (1992). Hand bookof Human Performance Technology A Comprehensive Guidefor Analysis and Solving Performce Problemin Organizations. San Francisco:Jersey-Bass Publisher.
Yani, M., dan Dwiyanti, E., (2016). Hubungan Kompensasi Finansial dan Stres Kerja dengan Kinerja Karyawan PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero). The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health. 5 (2): 163 – 172.