PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. PELABUHAN INDONESIA III (PELINDO) PELABUHAN TENAU, KUPANG

Main Article Content

Salva Kemala Putri
Rolland E Fanggidae
Merlyn Kurniawati
Ni Putu Nursiani

Abstract

Penelitian ini berfokus pada karyawan PT. PELINDO Kupang. Tujuan penelitian adalah untuk 1) Mendeskripsikan disiplin kerja, stres kerja dan kinerja karyawan pada PT. PELINDO Kupang; 2) Menganalisis disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. PELINDO Kupang; 3) Menganalisis stres kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. PELINDO Kupang; 4)Menganalisis pengaruh disiplin kerja dan stres kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan pada PT. PELINDO Kupang. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling, dengan rumus slovin diperoleh 58 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis deskriptif capaian variabel disiplin kerja, stres kerja dan kinerja karyawan berada pada kriteria tinggi. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa disiplin kerja dan stres kerja baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. PELINDO Kupang.


Kata Kunci: Disiplin Kerja, Stres Kerja, kinerja Karyawan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, S., Fanggidae, R., Kurniawati, M., & Nursiani, N. P. (2024). PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. PELABUHAN INDONESIA III (PELINDO) PELABUHAN TENAU, KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 445-455. https://doi.org/10.35508/glory.v5i2.13386
Section
Articles

References

Hasibuan, Melayu S.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Handoko, T. Hani. (2015). Manajemen Sumber daya Manusia, Cetakan Pertama Bandung: Pustaj Setia, Bandung.
Narmodo & Wajdi, Farid. (2009). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Wonogiri.
Mailiana (2016). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerj Karyawan pada Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin.CV. Karya Manunggal Semarang. Jurnal berkalailmu ekonomi, Vol.11 No.2.
Mangkunegara A.A. Anwar Prabu, (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan Jakarta : Bumi Aksara.
Pramitha , Daniar & Wijayanti (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Lumajang : WIDYA GAMA PRESS
Priansa, D. j. (2011). Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Raharjo, d. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja dan Budaya Organisai Terhadap Kinerja Karyawan Pabrik Minyak Kayu Putih (PMKP) Purwodadi. Diponegoro Journal Of Management, Volume 1 No.1. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ramadhan, C. (2017). Pengaruh stre kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan di PT. TELKOM AKSES Medan. Journal Of Management, Volume 1 No. 1.
Rivai. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Teori ke Praktek Jakarta: Rajawali Pers.
Robbins, S. P. (2015). Perilaku Organisasi, Edisi ke-12. Jakarta: Salemba Empat. Setyawati. (2018). Pengaruh Stres Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.
Setyawati.(2018). Pengaruh Stres Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.
Siagian, Sondang P. (2016) Manjemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sinambela, Lijan Poltak. (2012). Kinerja Pegawai Teori, Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sutrisno Edy. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana, Jakarta.