PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP CUSTOMER TRUST PADA MARKETPLACE SHOPEE

Main Article Content

Martiana Ratri Ningrum
Christien C Foenay
Yonas F Riwu
Apriana H J Fanggidae

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap customer trust pada marketplace shopee, Metodologi yang digunakan merupakan survei terhadap mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana di Kota Kupang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui Online kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling dan perhitungan besarnya sampel menggunakan metode Slovin dari perhitungan besarnya sampel menggunakan metode Slovin hasil yang diperoleh yaitu sebesar 100 mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan path analysis, Partial Least Square (PLS) dan uji hipotesis yang menggunakan program software SmartPLS 4.0. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel online customer review berpengaruh dan signifikan terhadap customer trust, variabel online customer rating berpengaruh dan signifikan terhadap customer trust, serta variabel online customer review dan online customer terhadap customer trust pada memiliki hubungan secara simultan.


Kata Kunci : online customer review, online customer rating, customer trust

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ningrum, M. R., Foenay, C., Riwu, Y., & Fanggidae, A. (2024). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP CUSTOMER TRUST PADA MARKETPLACE SHOPEE. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 381-394. https://doi.org/10.35508/glory.v5i2.13482
Section
Articles

References

APJII. (2022) Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia.
Al Khakim, A. R. (2017). Dinamika Bakteri Coliform Disebabkan Oleh Tekanan, Kekeruhan dan Sisa Chlor di Kota Surabaya. http://repository.its.ac.id.
Cheung, C. M. K., & Lee, M. K. O. (2012). What drives consumers to spread electronic word of mouth in online consumer-opinion platforms. Decision support systems, 53(1), 218–225.
Filieri, R. (2015). What makes online reviews helpful? A diagnosticity-adoption framework to explain informational and normative influences in e-WOM. Journal of business research, 68(6), 1261–1270.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, teknik dan aplikasi menggunakan Program Smart PLS 3.0. Universitas Diponegoro. Semarang.
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e‐WOM Scale: word‐of‐mouth measurement scale for e‐services context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne des Sciences de l’Administration, 27(1), 5–23.
Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2).
Kotler, & Gery A. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran, Terjemahan, Edisi 3, Jilid 1. Jakarta: Intermedia.
Kotler, Philip, & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga. Jakarta.
Lecinski, J. (2011). ZMOT: Winning the zero moment of truth. Google Chicago.
Lin, C., Wu, Y. S., & Chen, J.-C. V. (2013). Electronic word-of-mouth: The moderating roles of product involvement and brand image. Proceedings of 2013 international conference on technology innovation and industrial management, 2947.
Malau, Harman. (2017). Manajemen Pemasaran. Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2012). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga, 90. Prayoga, N. D. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Rating dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Shopee. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Prayoga, N. D. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Rating dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Shopee. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Schoorman, F. D., Mayer, R. C., & Davis, J. H. (2014). An integrative model of organizational trust: Past, present, and future. In Academy of Management review (Vol. 32, Nomor 2, hal. 344–354). Academy of Management Briarcliff Manor, NY 10510.
Silfiani, V. D. (2022). Online Customer Review, Online Customer Rating dan Positioning Serta Dampaknya Terhadap Customer Trust Produk Somethinc (Studi pada Pengguna Produk Somethinc di Kota Malang).
Tjiptono, F. (2016). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Turban, E., King, D., Lee, J., & Viehland, D. (2010). E-commerce A managerial Perspective New Jersey 07458. Pearson Education, Inc., Upper Saddle River.
Zhu, F., & Zhang, X. (2010). Impact of online consumer reviews on sales: The moderating role of product and consumer characteristics. Journal of marketing, 74(2), 133–148.