PENGARUH ETOS KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA KARYAWAN KSP CU SERVIAM CABANG PENFUI

Main Article Content

Bernadeta Rosdiana Bewa
Ronald P C Fanggidae
Marianus S Neno
Ni Putu Nursiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan X1,X2,dan Y terhadap KSP CU Serviam Cabang Penfui dan untuk mengetahui pengaruh etos kerja dan kompensasi secara parsial dan simultan terhadap komitmen organisasional pada karyawan KSP CU Serviam Cabang Penfui. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi kepada 32 orang karyawan KSP CU Serviam Cabang Penfui. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan model regresi linear berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa rata-rata capaian skor pada variabel etos kerja, kompensasi, dan komitmen organisasional berada pada kategori penilaian sangat tinggi. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional pada karyawan KSP CU Serviam Cabang Penfui, dan variabel kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional pada karyawan KSP CU Serviam Cabang Penfui. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel etos kerja dan kompensasi berpengaruh secara simultan terhadap komitmen organisasional pada karyawan KSP CU Serviam Cabang Penfui. Hasil analisis determinasi menunjukkan kontribusi variabel etos kerja dan kompensasi terhadap komitmen organisasional relatif lemah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bewa, B., Fanggidae, R., Neno, M., & Nursiani, N. P. (2024). PENGARUH ETOS KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA KARYAWAN KSP CU SERVIAM CABANG PENFUI. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 291-298. https://doi.org/10.35508/glory.v5i2.13554
Section
Articles

References

Alma, Buchari, (2010). Pengantar Bisnis. Penerbit: Alfabeta, Bandung.
Chaplin, J.P. (2001). Kamus Lengkap Psikologi (Terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: Raja Graindo Perkasa.
Darmawan, D. (2013). Prinsip-prinsip perilaku organisasi. Surabaya: Pena Semesta.
Dewi, P. E. L., & Netra, I. G. S. K. (2015). Pengaruh stres kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada Matahari Bungalow Restaurant and Spa Legian Kuta-Bali (Doctoral dissertation, Udayana University).
Griffin, R. W. (2004). Management, 7thedi-tion. Massachusetts: Houghton Mifflin Company.
Hariandja, Marihot T.E. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia.Grasindo.Jakarta
Hasibuan, Malayu S.P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Khan, M. R., Ziauddin, J. F., & Ramay, M. I. (2010). The impacts of organizational commitment on employee job performance. European journal of social sciences, 15(3), 292-298.
Kurniawan, A. (2014). Metode Riset untuk Ekonomi & Bisnis: Teori, Konsep & Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengelolaan Data dengan IBM SPSS 22.0).
Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2006). Human resource management: Manajemen sumber daya manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat, 72.
Priansa, D. J. (2016). Perencanaan dan Pengembangan SDM (cetakan 1). Bandung: Alfabeta.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku organisasi (Organizational behavior 16th edition). Jakarta: McGraw Hill dan Salemba Empat.
Sinamo, Jansen. (2008). 8 Etos Kerja Profesional. Jakarta : Malta Printindo.
Sutrisno, E. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan ke tujuh). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tebba, S. (2003). Membangun Etos Kerja dalam Perspektif tasawuf, Bandung: Pustaka Nusantara Publishing