PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MINUMAN CHATIME DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Marta C S L Waleng
Merlyn Kurniawati
Yosefina K I D D Dhae
Ronald P C Fanggidae

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan brand awareness terhadap minat beli komsumen minuman Chatime diKota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatf asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus Lemeshow. Penelitian ini dilakukan pada konsumen minuman Chatime diKota Kupang dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara persial word of mouth berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk minuman Chatime, Secara persial Brand Awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli minuman Chatime diKota Kupang dan secara simultan word of mouth dan brand awareness berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk minuman Chatime di Kota Kupang.


Kata Kunci : Brand Awareness, Minat Beli, dan Word Of Mouth

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Waleng, M., Kurniawati, M., Dhae, Y., & Fanggidae, R. (2024). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MINUMAN CHATIME DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(3), 695-703. https://doi.org/10.35508/glory.v5i3.13610
Section
Articles

References

Adittyo, R., Mukhtar, E., Wilson, N,. (2020). Mapping and change analysis of mangrove forest by using Landsat imagery in Mandeh Bay, West Sumatra, Indonesia, Andalas University, Padang City. AACL Bioflux, 2020,Vol:13, Issue 4
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Armstrong, Kotler (2015), “Marketing an Introducing Pretiece Hall twelfth edition”, England : Pearson Education, Inc
Basyar, Khroirul dan Sanaji. (2016). “ Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Niat Beli Ulang Secara Online dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening “, BISMA – Bisnis dan Manajemen, Vol 8 No. 2.
E.T.G. Wang. (2011). “Understanding customers’ satisfaction and repurchase intentions An integration of IS success model, trust, and justice.” Internet Research, Vol. 21, No. 4, pp. 479 – 503
Ferdinand, A. (2011). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen (Edisi 3). AGF Books, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Kotler dan Keller. (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.
Kotler dan Keller. (2014). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. and Keller, Kevin L. (2016). Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip, (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.
Moy, R., Nyoko, A. and Fanggidae, R. (2021) “PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG”, GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 2(2), pp. 161-173. doi: 10.35508/glory.v2i2.4819.
Santoso, D. A., Erdiansyah, R., & Pribadi, M. A. (2019). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Innisfree. Prologia, 2(2), 286. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3589
Santoso, S. (2001). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, cetakan kedua. PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Andi Offset.
Walker, 2013, Fundamentals of Marketing, Tenth Edition, Mc Graw-Hill International, Singapore.