PENGARUH INFLUENCER DAN CONTENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA CAFÉ KOPI KEMBO

Main Article Content

Salfa Sahbiah
Apriana H J Fanggidae
Yosefina K I D D Dhae
Christien C Foenay

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengunjung café kopi kembo. Tujuan penelitian adalah untuk 1) Untuk menganalisis pengaruh Influencer terhadap keputusan pembelian produk pada café kopi kembo; 2) Untuk menganalisis pengaruh Content Marketing terhadap keputusan pembelian produk pada café kopi kembo; 3) Untuk menganalisis pengaruh Influencer dan Content Marketing terhadap keputusan pembelian produk pada café kopi kembo. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, dengan rumus lemeshow diperoleh 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 27. Berdasarkan hasil analisis deskriptif capaian variabel Influencer, Content Marketing dan Keputusan Pembelian berada pada kriteria tinggi. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa Influencer dan Content Marketing baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Café Kopi Kembo.


Kata Kunci : Influencer, Content Marketing, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sahbiah, S., Fanggidae, A., Dhae, Y., & Foenay, C. (2024). PENGARUH INFLUENCER DAN CONTENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA CAFÉ KOPI KEMBO. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(3), 727-736. https://doi.org/10.35508/glory.v5i3.13942
Section
Articles

References

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesepuluh. Penerbit: Alfabeta, Bandung.
Kamuri, K. J. (2021). Analisis Peran Content Marketing Bagi Wirausaha Milenial Di Kota Kupang Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal of Management - Small and Medium Enterprises (SME’s), 14.
Jayabaya, P., & Madiawati, P. N. (2018). Pengaruh Penerapan Bauran Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli Pengguna Kereta Api Melalui Aplikasi Mobile Kai Access. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran (1st ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Glucksman, M. (2017). The rise of social media influencer marketing on lifestyle branding: A case study of Lucie Fink. Elon Journal of Undergraduate Research in Communications.
Fanggidae, A.A., Fanggidae, R.P.C., Riwu, Y.F. and Amtiran, P.Y., 2024. The Influence of Celebrity Endorsements on Purchase Interest in Online Shops Through Instagram (Study on Instagram Followers @btr_meyden). Proceedings of the International Conference on Economic Management, Accounting and Tourism (ICEMAT 2023), 1(1), pp.110-119.
Frost, R. D., & Strauss, J. (2016). E-marketing. Routledge.
Cahyaningtyas, R., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Review Produk dan Konten Marketing pada Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening ByFelicya Angelista. EProceedings of Management.
Chaffey, D., & Chadwick, F. (2016). Digital Marketing (Strategy, Implementation. . Practice.
Bruns, I. (2018). ‘Trust’and ‘perceived authenticity’in social media driven influencer marketing and their influence on intentions-to-buy of 18-24-year-olds in Ireland (Doctoral dissertation, Dublin Business School).
Sanjaya, L. (2020). Analisis Pengaruh Content Marketing Pada Customer Value Dan Customer Engagement Serta Dampaknya Terhadap Repeat Purchase Pada Pegipegi di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran.
Smuda, C. (2018). Influencer Marketing. A Measurement Instrument to determine the Credibility of Influencers.
Sopiah, & Sangadj. (2013). Perilaku konsumen: Pendekatan praktis disertai himpunan jurnal penelitian.