PERAN KEWIRAUSAHAAN DAN E-COMMERCE DALAM PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH

Main Article Content

Ayu Fadiliasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan kewirausahaan dan e-commerce dalam perkembangan UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi literatur, mengumpulkan data sekunder dari penelitian-penelitian terdahulu untuk mendeskripsikan pengaruh kewirausahaan dan e-commerce terhadap perkembangan UMKM. UMKM memiliki peran krusial dalam ekonomi Indonesia, berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB dan mempekerjakan hampir 97% tenaga kerja. Kewirausahaan, dengan kreativitas dan inovasinya, menjadi katalisator penting dalam menghadapi persaingan pasar dan memajukan UMKM. E-commerce telah memberikan dampak signifikan terhadap UMKM dengan memungkinkan mereka menjangkau konsumen lebih luas, menerima umpan balik langsung, dan berinovasi dalam pemasaran serta operasional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kewirausahaan dan e-commerce memiliki pengaruh yang penting dalam perkembangan UMKM, membantu para pelaku UMKM bertahan dan berkembang di era digital, serta berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat dan ekonomi nasional. E-commerce khususnya, telah menjadi solusi efisien dalam transaksi jual-beli, memperluas jaringan bisnis, dan membuka peluang pasar global bagi UMKM.


Kata Kunci : Kewirausahaan, E-Commerce, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fadiliasari, A. (2024). PERAN KEWIRAUSAHAAN DAN E-COMMERCE DALAM PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(4), 737-743. https://doi.org/10.35508/glory.v5i4.16071
Section
Articles

References

Fahmi, Irham. (2014). Kewirausahaan Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung : Alfabeta.
Irawan, Dedi, dan Rahma Karlinda. (2023). Peran Kewirausahaan dan E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Prespektif Ekonomi Syariah di Kabupaten Pringsewu. Vol. 5 No. 3.
Karyati, Ika Puspita. (2019, 13 September). E-Commerce untuk UMKM Dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Dalam https://bppk.kemenkeu.go.id/ diakses pada 19 April 2024
Laelatul Silvi, Ridha, dan Bahri Kamal. (2021). PERAN KEWIRAUSAHAAN DAN E-COMMERCE DALAM PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA BUMIJAWA THE ROLE OF ENTREPRENEURSHIP AND E-COMMERCE IN THE DEVELOPMENT OF SMALL AND MEDIUM MICRO ENTERPRISES (MSMEs) IN BUMIJAWA VILLAGE.
Rahmawati, Desi Erawati. (2021). E-Commerce Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Di Indonesia (Analisis Immanuel Wallerstein). Vol. 1 No. 1.
Sara, Kartika Dwi, dan Fitriyani. (2020). Peran Kewirausahaan Dan E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, Vol. 5, No. 2.
Sugiarto, Edi Cahyono. (2021, Juni 27). Kewirausahaan UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi. Dalam https://www.setneg.go.id/. diakses pada 19 April 2024.
Tambunan, Tulus. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta : LP3ES.
Winarno. (2011). Pengembangan Sikap Entreprenuership dan Intraprenuership. Jakarta : PT. Indeks.
Yusuf, Muhammad, dan Noor Ifada. (2015). E-Commerce : Konsep dan Teknologi. Malang : Media Nusa Creative.