PERAN BUDAYA ORGANISASI DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS BAUMATA KABUPATEN KUPANG

Main Article Content

Fransiskus Xaverius Putra Pratama Molan
Ronald P C Fanggidae
Clarce S Maak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran budaya organisasi dalamĀ  peningkatan kualitas pelayanan publik di Puskesmas Baumata Kabupaten Kupang dan untuk mengetahui hambatan atau kendala budaya organisasi dalam peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas Baumata Kabupaten Kupang. Metode penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Lokasi penelitian dan informan yang dipilih oleh peneliti yaitu Puskesmas Baumata Kabupaten Kupang. Pengumpulan data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari hasil wawancara dan obesrvasi, sedangkan data sekunder merupakan data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara seperti catatan atau laporan, jurnal-jurnal serta skripsi yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa, Peran Budaya Organisasi dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Baumata Kabupaten KupangĀ  berdasarkan indikator kesadaran diri belum sepenuhnya memberikan kesan yang positif. Kualitas pelayanan akademik berdasarkan aspek empati (emphaty) masih belum sepenuhnya berjalan dengann baik. Kualitas pelayanan akademik berdasarkan aspek keandalan (relibility) belum sepenuhnya baik. Kualitas pelayanan akademik berdasarkan aspek kepastian (assurance) sudah baik, dilihat dari sikap sopan petugas dan dosen yang tidak membeda-bedakan mahasiwa pada saat pelayanan.


Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Akademik, Kepuasan Mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Molan, F. X., Fanggidae, R., & Maak, C. (2024). PERAN BUDAYA ORGANISASI DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS BAUMATA KABUPATEN KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(5), 1113-1121. https://doi.org/10.35508/glory.v5i5.16269
Section
Articles

References

Ganyang, M. T., (2018), Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Realita. Bogor: In Media
Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.
H.A.S Moenir. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.
Hikmawati, H. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa (Doctoral dissertation, FIS).
Samsuddin, Harun (2018). Kinerja Karyawan : Tinjauan dari Dimensi Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Komitmen Organisasi, Sidoarjo : Indomedia Pustaka.
Setiawati, B. (2016). Peran Budaya Organisasi Birokrasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 2(4), 182-185.
Sinambela, Lijan P. Rochadi, Sigit. Ghazali, Rusman. Muksin, Akhmad. Setiabudi, Didit. Bima, Djohan, dan Syaifudin. (2017). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudaryono. (2017). Budaya dan Perilaku Organisasi.Lentera Ilmu Cendekia. Jakarta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulaksono, H. (2015). Budaya Organisasi dan Kinerja.Deepublish. Yogyakarta
Sumanto. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Memasuki Revolusi Indutri 4.0. Yogyakarta. ANDI.
Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja. Jakarta: Arajawali Pers.